Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Libur Nataru, Polda Jateng Siapkan Rencana Penyekatan Jalan

Kompas.com - 12/11/2021, 10:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Jawa Tengah menyiapkan skenario dalam mengantisipasi kepadatan arus lalu-lintas pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Beberapa persiapan telah dilakukan salah satunya dengan memetakan lokasi-lokasi di sejumlah ruas jalan yang menjadi titik rawan kecelakaan.

Baca juga: Ini Daftar Harga All New Avanza dan New Veloz, Januari Bisa Naik Lagi

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, akan menyekat sejumlah ruas jalan pada masa libur Nataru. Dalam kegitan yang akan dilakukan, rencananya juga akan diadakan pemeriksaan dokumen perjalanan seperti pada tahun sebelumnya.

Namun, Polda Jateng masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait kebijakan menghadapi masa libur Nataru.

Petugas memeriksa kendaraan di Tol Kalikangkung. KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Petugas memeriksa kendaraan di Tol Kalikangkung.

"Polda Jateng dan pengelola jalan tol sudah menyiapkan skenario. Ketika harus ada pembatasan kita skenario demikian, ketika dilepas semua jalur kita siapkan kontraflow, penyekatan dan sebagainya," kata Agus dilansir Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

Agus juga mulai memetakan area blackspot untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Ada beberapa antisipasi yang dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan di lokasi tertentu.

Baca juga: Resmi, Daihatsu Luncurkan Xenia Terbaru

"Kami juga sudah survei lokasi-lokasi black spot yang sering terjadi kecelakaan. (Di sana) kita upaya siapkan crane, ambulans, mobil derek termasuk patroli rutin kita maksimalkan. Ini upaya mencegah kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

Selain itu, Dirlantas Polda Jateng juga memastikan ruas jalan tol yang ada di Jawa Tengah juga aman untuk digunakan pada saat libur Natal dan Tahun baru nanti.

Titik penyekatan di jalan Tol Jasa MargaJASA MARGA Titik penyekatan di jalan Tol Jasa Marga

"Kami yakinkan ruas jalan tol aman, tertib dan lancar. Kita sudah bersinergi bagaimana kita nertindak pada saat operasi nataru akan dihadapi," kata dia.

Hal yang sama juga dikatan oleh Direktur Utama Trans Marga Jateng Jalan Tol Semarang - Solo, Deni Candra Irawan, yang mengatakan siap untuk mengikuti instruksi dari pemerintah terkait kebijakan libur Nataru.

Baca juga: Kemewahan Kabin All New Veloz yang Bisa Jadi Kamar Berjalan

"Kami sudah menyiapkan antisipasi jadi apakah itu ada penutupan sementara, apakah ada pengalihan, ada pembatasan terkait dengan pandemi Covid-19 kami masih menunggu. Pada prinsipnya infrastruktur di lapangan termasuk petugas sudah kami persiapkan sedini mungkin jadi seluruh skenario yang diterapkan nanti kita sudah siap," kata Deni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.