Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Libur Nataru, Polda Jateng Siapkan Rencana Penyekatan Jalan

SEMARANG, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Jawa Tengah menyiapkan skenario dalam mengantisipasi kepadatan arus lalu-lintas pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Beberapa persiapan telah dilakukan salah satunya dengan memetakan lokasi-lokasi di sejumlah ruas jalan yang menjadi titik rawan kecelakaan.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, akan menyekat sejumlah ruas jalan pada masa libur Nataru. Dalam kegitan yang akan dilakukan, rencananya juga akan diadakan pemeriksaan dokumen perjalanan seperti pada tahun sebelumnya.

Namun, Polda Jateng masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait kebijakan menghadapi masa libur Nataru.

"Polda Jateng dan pengelola jalan tol sudah menyiapkan skenario. Ketika harus ada pembatasan kita skenario demikian, ketika dilepas semua jalur kita siapkan kontraflow, penyekatan dan sebagainya," kata Agus dilansir Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

Agus juga mulai memetakan area blackspot untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Ada beberapa antisipasi yang dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan di lokasi tertentu.

"Kami juga sudah survei lokasi-lokasi black spot yang sering terjadi kecelakaan. (Di sana) kita upaya siapkan crane, ambulans, mobil derek termasuk patroli rutin kita maksimalkan. Ini upaya mencegah kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

Selain itu, Dirlantas Polda Jateng juga memastikan ruas jalan tol yang ada di Jawa Tengah juga aman untuk digunakan pada saat libur Natal dan Tahun baru nanti.

"Kami yakinkan ruas jalan tol aman, tertib dan lancar. Kita sudah bersinergi bagaimana kita nertindak pada saat operasi nataru akan dihadapi," kata dia.

Hal yang sama juga dikatan oleh Direktur Utama Trans Marga Jateng Jalan Tol Semarang - Solo, Deni Candra Irawan, yang mengatakan siap untuk mengikuti instruksi dari pemerintah terkait kebijakan libur Nataru.

"Kami sudah menyiapkan antisipasi jadi apakah itu ada penutupan sementara, apakah ada pengalihan, ada pembatasan terkait dengan pandemi Covid-19 kami masih menunggu. Pada prinsipnya infrastruktur di lapangan termasuk petugas sudah kami persiapkan sedini mungkin jadi seluruh skenario yang diterapkan nanti kita sudah siap," kata Deni.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/12/101200615/antisipasi-libur-nataru-polda-jateng-siapkan-rencana-penyekatan-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke