Tips Aman Saat Motor Mogok di Tengah Jalan

Kompas.com - 03/11/2021, 18:02 WIB
Motor mogok di tengah jalan INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIAMotor mogok di tengah jalan

JAKARTA, KOMPAS.comJalanan merupakan area umum yang digunakan bersama. Oleh karena itu, sesama pengguna jalan sebaiknya saling berbagi sehingga mengurangi kemacetan.

Namun ada kalanya kendaraan yang sedang dikendarai mengalami masalah atau mogok. Sayangnya, ketika motor mogok, masih ada saja pengendara yang diam di tengah jalan sehingga membuat jalanan macet.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram. Motor milik seorang ibu mengalami masalah sulit dinyalakan. Sayangnya, motor berada di lajur kanan dan menghambat kendaraan yang ada di belakangnya.

Baca juga: Aturan Baru, Semua Kendaraan Bakal Ditempel Stiker Hologram

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi kejadian seperti itu, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani memberi tips bagaimana sikap yang harus dilakukan ketika motor mengalami masalah di jalan.

“Jika terjadi mogok mendadak, kita harus segera memindahkan kendaraan ke tempat yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas di jalan raya. Bisa dengan mendorong ke sisi yang tidak dilewati oleh kendaraan lain,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Beda dengan Toyota, Daihatsu Pilih Luncurkan Xenia di GIIAS

Agus menyarankan agar tidak memaksakan menyalakan kendaraan pada tengah jalan. Hal ini tentunya bisa mengganggu lalu lintas, selain itu juga hilang konsentrasi karena suara klakson dari kendaraan lain.

“Jangan terlalu memaksakan untuk menghidupkan mesin tanpa memikirkan pengguna jalan lainnya,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.