Kompas.com - 02/11/2021, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Brembo merupakan salah satu produsen pengereman yang banyak dipercaya oleh pabrikan otomotif. Belum lama ini, Brembo memperkenalkan sistem pengereman tercanggihnya.

Dikutip dari Visordown.com, Selasa (2/11/2021), rencana masa depan revolusioner dari Brembo ini diwujudkan dengan peluncuran sistem pengereman Sensify. Sistem pengereman ini menggunakan perangkat lunak sepenuhnya.

Baca juga: Tak Cuma MotoGP, Brembo Bikin Rem Baru Khusus Superbike

Selain itu, Brembo juga membuatnya berdasarkan ekosistem Artificial Intelligence (AI) atau "Kecerdasan Buatan". Sehingga, menghilangkan ketergantungan pada cairan dan teknologi lama, untuk perangkat AI dan aktuasi elektronik.

Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatanDok. Brembo Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan

Dalam video yang diunggah oleh Brembo, pabrikan rem asal Italia ini memamerkan sistem lengkap dari Brake Control Units, Hydraulic Actuators, Hydraulic Connections, dan Electromechanical Calipers, yang semuanya menggunakan sambungan kelistrikan.

Sistem pengereman ini rencananya akan dirilis ke pasaran pada 2024 mendatang. Dalam video tersebut, sistem pengereman ini terlihat diaplikasikan pada mobil. Pada video itu juga disebutkan "cocok dengan segala jenis kendaraan".

Baca juga: Penjelasan Brembo Soal Rem Vinales yang Bermasalah di MotoGP Styria

Namun, dengan Brembo yang juga diandalkan pada ajang balap motor internasional MotoGP, tak menutup kemungkinan sistem pengereman ini juga dapat diaplikasikan pada motor.

Sepatbor depan Yamaha YZR-M1 yang baru dan cover rem cakram dibuat lebih aerodinamisDavid Goldman Sepatbor depan Yamaha YZR-M1 yang baru dan cover rem cakram dibuat lebih aerodinamis

Dalam deskripsi, mengatakan, "Dengan Sensify, sistem pengereman tidak lagi sekadar kumpulan dari bagian-bagiannya, tetapi sebuah ekosistem, di mana kecerdasan buatan dan perangkat lunak berperan aktif. Pengumpulan data dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman pengemudi dan memungkinkan sistem untuk terus diperbarui".

Tuas pengereman bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara, kondisi, sehingga bisa disesuaikan untuk setiap pengendara. Tidak adanya cairan hidrolik menjanjikan untuk membuat sistem membutuhkan lebih sedikit perawatan dan karenanya lebih murah untuk dimiliki.

Kaliper rem belakang Valentino Rossi yang didesain khusus untuk modifikasi rem jempol.Brembo.com Kaliper rem belakang Valentino Rossi yang didesain khusus untuk modifikasi rem jempol.

Tapi, jika ada biaya perbaikan tentunya akan sangat mahal, mengingat teknologinya yang masih baru. Dengan konsep tersebut, sistem pengereman ini cocok diaplikasikan pada kendaraan listrik. Sehingga, bisa membuatnya semakin "bebas perawatan".

Saya tidak suka memikirkan biaya ketika terjadi kesalahan, tetapi ini dapat memberikan manfaat serius bagi sepeda motor listrik dengan menghilangkan perawatan lebih lanjut dari persamaan. Pada catatan itu, sistem rem juga mengklaim untuk memaksimalkan kemampuan regeneratif, sehingga mengurangi kebutuhan akan baterai berbobot besar untuk jangkauan yang lebih jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.