Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brembo Resmi Pasok Rem untuk Kawasaki

Kompas.com - 10/08/2014, 12:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Milan, KompasOtomotif - Spesialis produsen rem asal Italia, Brembo, memastikan kerjasama dengan produsen sepeda motor keempat, Kawasaki, mulai 2014. Hal ini disampaikan secara tersirat oleh Matteo Tiraboschi, Wakil Komisaris Brembo kepada Reuters (9/8/2014).

Kepastian diperoleh setelah juru bicara Kawasaki Heavy Industries memastikan memang mulai menerima pasokan dari Brembo. Sebelumnya, Brembo merupakan pemasok komponen rem terdepan untuk beberapa produsen, seperti Harley-Davidson di AS, BMW (Jerman), Ducati (Italia), dan kini ekspansi menuju Jepang.

Langkah ke Jepang, dimulai ketika krisis ekonomi global terjadi, mengakibatkan pasar sepeda motor global mengerut. Para produsen Jepang kemudian memutuskan berani membeli komponen premium untuk mendulang pangsa pasar. Akhirnya, Brembo menyetujui kerjasama dengan Suzuki dan Yamaha mulai 2012, kemudian disusul Honda pada 2013.

Tiraboschi melanjutkan, Brembo juga mulai ekspansi bisnisnya bukan hanya di industri otomotif. Teknologi pengereman yang dimiliki, kini merambah sektor transportasi lain, yakni aviasi atau pesawat terbang. Pasokan pertama dikonsentrasikan untuk memenuhi kebutuhan jet dan helikopter, tapi dalam jangka panjang berharap akan menjadi salah satu pilar bisnis utama.

"Ada hubungan pararel antara pesawat terbang dan Formula 1, membuat kami jadi lebih berkembang di luar sektor otomotif, menggunakan keahlian, teknologi, dan material yang sama," beber Tiraboschi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com