Kompas.com - 02/11/2021, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Daihatsu Motor di Jepang resmi merilis model baru Rocky. SUV segmen A ini tidak hanya mendapat tampilan baru, tapi juga mesin baru berteknologi hybrid.

Menariknya, Rocky mengadopsi teknologi hybrid seri. Model teknologi yang selama ini diakui Nissan Kicks sebagai mobil listrik, padahal cuma hybrid ketika dipasarkan di Indonesia. 

Teknologi hybrid seri, mengkondisikan mesin konvensional berfungsi sebagai generator yang akan menyuplai energi ke baterai, untuk menggerakkan motor listrik. Sehingga mampu menciptakan sensasi mobil listrik secara nyata, karena memang penggerak roda memanfaatkan motor listrik.

Artinya, Rocky hybrid bakal memiliki karakter berkendara selayaknya mobil listrik berbasis baterai. Dan jika meluncur di Indonesia, ini jadi mobil kedua yang mengusung series hybrid setelah Nissan Kicks e-Power.

Baca juga: Beli Bensin Lebih Baik Pakai Hitungan Liter atau Rupiah?

Ilustrasi Daihatsu Rocky HybridCREATIVE311.com Ilustrasi Daihatsu Rocky Hybrid

“Dalam sistem seri, mesin didedikasikan untuk pembangkit listrik, sehingga dapat menjadi struktur yang sederhana dan kompak,” ujar Toshihiro Nakaho, Chief Engineer Daihatsu, dikutip dari Response (1/11/2021).

Nakaho juga mengatakan, sistem seri diadopsi karena lebih cocok untuk mobil kecil dengan bobot ringan. Serta banyak melakukan perjalanan di dalam kota, yang mana lebih berfokus pada kecepatan rendan dan sedang.

"Mesin 1,2 liter 3-silinder yang baru dikembangkan agar lebih optimal untuk penggunaan hybrid. Efisiensi termal maksimum adalah 40 persen, yang sangat berkontribusi pada peningkatan efisiensi bahan bakar,” ucap Nakaho.

Baca juga: Ini Tarif Perpanjangan SIM A dan SIM C per November 2021

Mesin Daihatsu Rocky 1.2LKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mesin Daihatsu Rocky 1.2L

Rocky hybrid mengusung dua motor listrik yang disusun secara paralel. Sementara itu, jumlah roda gigi penyusunnya diminimalkan agar desainnya ringan dan kompak.

Selain itu, mobil ini mengusung baterai lithium-ion dengan kepadatan energi tinggi. Baterai ini memiliki ukuran kompak dan memiliki kekuatan 4,3 Ah (0,74 kWh).

Menariknya, baterai tersebut diletakkan di bawah kursi belakang, tanpa mengurangi ukuran ruangan dan kapasitas bagasi.

Baca juga: Ini Tarif Bikin SIM A per November 2021

Bocoran penampakan Daihatsu Rocky di Malaysia.creative311.com Bocoran penampakan Daihatsu Rocky di Malaysia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.