Indonesia Siap Produksi 1.000 Unit Mobil Listrik per Tahun Mulai 2022

Kompas.com - 26/10/2021, 14:41 WIB
Hyundai Kona EV 2021 KOMPAS.com/DIO DANANJAYAHyundai Kona EV 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Peridunstrian mengapresiasi PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun pada tahap pertama.

“Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan,” ujar Agus, dalam keterangan resmi yang dilansir Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Ramai Soal Pelat Mobil RFS yang Dipakai Rachel Venya, Ini Aturannya

Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi coronaIstimewa Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi corona

“Sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya,” kata dia.

Ia berpesan agar perusahaan menerapkan teknologi Industri 4.0 di seluruh lini produksi, serta melibatkan IKM sebagai bagian dari global supply chain perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Kemenperin mengundang HMMI untuk mendirikan akademi atau politeknik yang lulusannya secara otomatis bisa menjadi pekerja dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri maupun di lini purnajual untuk melayani kebutuhan konsumen.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Penerbitan SIM Baru di Indonesia

Ilustrasi pabrik Hyundai di Alabama, AS.AUTOBLOG.com Ilustrasi pabrik Hyundai di Alabama, AS.

Sebelumnya, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, mengatakan, pabrik Hyundai bakal rampung dibangun pada akhir 2021.

"Akhir tahun ini sudah ada rencana start production. Sekarang sudah mulai trial semuanya," ucap Makmur saat ditemui di Jakarta (3/9/2021).

Selain memproduksi mobil listrik, fasilitas ini juga bakal membangun mobil-mobil dengan mesin bakar internal.

Namun demikian, Makmur masih belum mau mengungkap model apa yang akan lahir dari pabrik Hyundai yang berlokasi di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.