Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siap Produksi 1.000 Unit Mobil Listrik per Tahun Mulai 2022

Kompas.com - 26/10/2021, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Peridunstrian mengapresiasi PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun pada tahap pertama.

“Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan,” ujar Agus, dalam keterangan resmi yang dilansir Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Ramai Soal Pelat Mobil RFS yang Dipakai Rachel Venya, Ini Aturannya

Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi coronaIstimewa Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi corona

“Sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya,” kata dia.

Ia berpesan agar perusahaan menerapkan teknologi Industri 4.0 di seluruh lini produksi, serta melibatkan IKM sebagai bagian dari global supply chain perusahaan.

Selain itu, Kemenperin mengundang HMMI untuk mendirikan akademi atau politeknik yang lulusannya secara otomatis bisa menjadi pekerja dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri maupun di lini purnajual untuk melayani kebutuhan konsumen.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Penerbitan SIM Baru di Indonesia

Ilustrasi pabrik Hyundai di Alabama, AS.AUTOBLOG.com Ilustrasi pabrik Hyundai di Alabama, AS.

Sebelumnya, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, mengatakan, pabrik Hyundai bakal rampung dibangun pada akhir 2021.

"Akhir tahun ini sudah ada rencana start production. Sekarang sudah mulai trial semuanya," ucap Makmur saat ditemui di Jakarta (3/9/2021).

Selain memproduksi mobil listrik, fasilitas ini juga bakal membangun mobil-mobil dengan mesin bakar internal.

Namun demikian, Makmur masih belum mau mengungkap model apa yang akan lahir dari pabrik Hyundai yang berlokasi di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com