Mekanik Tim Balap MotoGP Dipecat, Ketahuan Pakai Hasil Tes PCR Palsu

Kompas.com - 21/10/2021, 08:42 WIB
Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP) MIRCO LAZZARI GPEnea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus penggunaan hasil tes PCR palsu bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Belum lama ini, kasus tersebut terjadi di ajang balap MotoGP.

Dikutip dari Visordown.com, Rabu (20/10/2021), Avintia Racing telah mengonfirmasi sudah mengakhiri kontraknya dengan anggota tim yang tidak disebutkan namanya. Oknum tersebut tertangkap mencoba menyerahkan hasil tes Covid-19 palsu saat memasuki paddock MotoGP Emilia Romagna di Misano.

Baca juga: Avintia Jadi Tim Pertama yang Pamer Livery MotoGP 2021

"Dari Avintia Esponsorama Racing kami menunjukkan kepatuhan total kami dengan semua tindakan yang diambil oleh Dorna dan IRTA itu, serta kebijakan tim kami dan kode etik yang dipatuhi semua anggotanya, termasuk mekanik, teknisi, anggota keluarga, sponsor, atau orang lain yang dekat dengan tim, kami berkewajiban untuk mengambil tindakan disipliner khusus dan menutup semua hubungan dengan anggota tim kami, yang kemarin, berkat kerja keras yang dilakukan oleh Dorna dan IRTA, gagal memalsukan tes PCR untuk mendapatkan akses ke paddock sirkuit Misano untuk Grand Prix berikutnya," tulis keterangan resmi Avintia Racing.

Avintia Esponsorama Racing secara resmi merilis dua livery, sekaligus memperkenalkan line-up pebalap baru MotoGP baru Enea Bastianini dan Luca Mariniinstagram.com/motogp Avintia Esponsorama Racing secara resmi merilis dua livery, sekaligus memperkenalkan line-up pebalap baru MotoGP baru Enea Bastianini dan Luca Marini

Dalam keterangan resmi itu, Avintia Racing juga meminta maaf dan berterima kasih pada Dorna dan IRTA atas semua upaya yang dilakukan untuk menjaga keselamatan semua orang di paddock MotoGP. Sehingga, memungkinkan kejuaraan berjalan dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paddock MotoGP sebagian besar telah bebas dari kasus Covid-19 pada tahun 2021 setelah tindakan ketat dan pembatasan siapa yang dapat memasuki paddock. Protokol kesehatan yang dijalankan juga sangat ketat.

Baca juga: Pebalap MotoGP Mengeluh Formula 1 Bakal Digelar di Qatar

Hanya dua pebalap MotoGP, Valentino Rossi dan Iker Lecuona, yang terpaksa absen karena tes positif Covid-19, ditambah Jorge Martin di Moto2, semuanya terjadi pada 2020. Selama MotoGP 2021 berjalan, belum ada pebalap yang terkena Covid-19.

Bahkan, musim ini balapan juga tak hanya digelar di Eropa. MotoGP Qatar, MotoGP Doha, dan MotoGP Amerika berjalan dengan lancar tanpa adanya kasus Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.