Dampak Carbon Tax, Daihatsu Hanya Kerek Banderol Sirion

Kompas.com - 21/10/2021, 09:22 WIB
Daihatsu Sirion AT KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Sirion AT

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya penerapan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasarkan emisi gas buang alias carbon tax, rupanya tak membuat semua harga produk keluaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) langsung terkerek.

Melihat dari situs resmi Daihatsu, hanya banderol Siron yang mengalami kenaikan imbas carbon tax pada pertengahan Oktober 2021. Sementara Xenia, Terios, Rocky, bahkan sampai mobil murah ramah lingkungan alias LCGC, Ayla dan Sigra tetap bertahan.

Saat mengonfirmasikan hal tersebut, Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, mengakui sejauh ini baru Sirion yang naik harga imbas pajak emisi.

Baca juga: Mau Beli Nissan March Bekas, Berapa Harga Pasarannya?

Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L ADM Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L

"Baru Sirion, dikarenakan adanya kenaikan tarif pajak PPnBM dari yang tadinya sebesar 10 persen menjadi 15 persen, sesuai ketentuan CO2 Tax, maka mulai 16 Oktober lalu harganya juga sudah naik,," kata Hendrayadi kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Hendrayadi, banderol city car asal Malaysia tersebut terkerek Rp 6 juta sampai Rp 6,6 juta imbas adanya pemberlakuan carbon tax.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sebelumnya dipasarkan Rp 201.750.000 untuk Sirion Manual, kini menjadi Rp 207.800. Sedangkan versi matiknya, jadi Rp 223.100.000 dari sebelumnya sebesar Rp 216.500.000.

"Harga itu untuk OTR Jakarta. Tapi meski naik, konsumen tak perlu khawatir karena diimbangi dengan besaran diskon yang disesuaikan juga, sehingga harga pasar Sirion masih tetap kompetitif sebelum sebelum adanya kenaikan," ujar Hendrayadi.

Baca juga: Biar Kapok, Ada Denda dan Pidana bagi Diler yang Jual Truk ODOL

Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020Kompas.com/Setyo Adi Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020

Untuk produk Daihatsu lainnya, belum mengalami revisi karena sudah mendapatkan relaksasi PPnBM 100 persen dari pemerintah sampai Desember 2021.

Sementara untuk LCGC, sampai saat ini statusnya masih menunggu turunan regulasi serta permohonan agar bisa masuk dalam penerima relaksasi PPnBM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.