Pelajari Blind Spot Truk, Banyak Titik yang Tak Terlihat

Kompas.com - 17/10/2021, 14:01 WIB
Tangkapan layar mobil sedan bersenggolan dengan truk akibat sedan tersebut masuk dalam area blind spot pengemudi truk. Akun Instagram @dashcam_owners_indonesiaTangkapan layar mobil sedan bersenggolan dengan truk akibat sedan tersebut masuk dalam area blind spot pengemudi truk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Butuh pemahaman mengenai sikap aman dalam mengemudikan kendaraan di jalan umum. Sebab ada pengguna jalan lain dengan kendaraan berbagai ukuran dalam satu lajur jalan.

Selalu ada titik atau area yang tidak bisa terlihat saat dalam posisi mengemudi. Titik ini umum disebut dengan istilah blind spot atau titik buta. Contoh kasusnya bisa dilihat pada rekaman video yang diunggah akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Sabtu (16/10/2021).

Pada rekaman video tersebut, nampak sebuah mobil sedan hendak melaju lewat sisi sebelah kiri truk.

Diperkirakan sedan masuk dalam area blind spot sopir truk, truk yang hendak berpindah ke lajur kiri pun tidak menyadari ada sedan di sampingnya. Kedua kendaraan tersebut akhirnya bersenggolan.

Baca juga: Tampang Toyota Avanza Veloz Generasi Baru Bocor, Begini Visualnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, menjelaskan bahwa sebisa mungkin pengguna jalan lebih waspada dan menghindari area blind spot kendaraan besar seperti truk atau bus.

"Sebagai pengedara kendaraan kecil, sebaiknya kita menghindari area blind spot kendaraan besar seperti truk dan bus," ujar Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk mengetahui apakah kita berada dalam area blind spot pengemudi truk atau bus, ia memberikan saran dengan melihat pengemudi kendaraan besar tersebut melalui kaca spionnya.

Jika pengemudi tersebut masih bisa terlihat dari kaca spion kendaraannya, maka kita aman dari area blind spot.

Selain itu, perlu diingat bahwa posisi tempat duduk dalam kabin kendaraan besar seperti truk berada lebih tinggi dibanding kendaraan lainnya. Posisi tempat duduk tersebut tentu menambah area blind spot bagi pengemudinya.

Baca juga: Siap Meluncur, Avanza Veloz Baru Sudah Bisa Dipesan

Blind Spot pada truk hampir berada di seluruh bagiannya.Istimewa Blind Spot pada truk hampir berada di seluruh bagiannya.

"Ada juga kendaraan besar yang sudah dipasang spion tambahan untuk melihat depan kendaraan dan juga bagian bawah, namun tidak semua pengemudi kendaraan besar menambahkannya. Untuk itu tetap waspada dan hindari blind spot agar tidak terjadi kecelakaan," kata Agus.

Begitu pula saat berhenti di lampu merah, jangan sampai terlalu berdekatan dengan kendaraan besar. Pastikan pengemudinya bisa melihat keberadaan kita yang mengendarai kendaraan dengan ukuran lebih kecil.

Meski Agus Sani lebih banyak berfokus pada standar keselamatan pengendara sepeda motor, tips menghindari blind spot kendaraan besar ini juga dapat diaplikasikan kepada pengemudi mobil agar tetap aman melaju di dekat truk atau bus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.