Gagal Ngerem, Bus Sugeng Rahayu Tabrak Pengendara Motor

Kompas.com - 17/10/2021, 10:21 WIB
Bus sugeng rahayu tabrak pengendara motor dan bus instagram.com/dashcam_owners_indonesiaBus sugeng rahayu tabrak pengendara motor dan bus

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan bus Sugeng Rahayu kembali terjadi. Kali ini insiden berlangsung di Jalan Ngawi Maospati, Desa Tambak Romo, Kecamatan Geneng Ngawi, Jawa Timur.

Setidaknya ada tiga kendaraan yang terlibat, yakni satu unit bus PO Sugeng Rahayu, satu unit bus, dan satu sepeda motor.

Dalam unggahan akun instagram Dashcam Owner Indonesia, terlihat sopir bus Sugeng Rahayu memacu kendaraannya dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Sesampainya di tempat kejadian bus tersebut, rem bus tersebut tidak bekerja dengan maksimal sehingga membuat jarak berhenti bus menjadi lebih panjang dan berujung kecelakaan.

Penyebab dari rem yang tidak bekerja dengan maksimal bisa dikarenakan kelalaian dari pengemudi dalam pengoperasiannya.

Baca juga: Lakukan Ini Saat Mengendarai Motor dan Terjadi Gempa

Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan, ada beberapa tindakan keliru yang dilakukan oleh pengemudi bus dan truk dalam pengoperasian rem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti mendinginkan tromol atau kampas rem yang mengalami panas dengan cara disiram dengan air.

“Ketika tromol dan kampas rem yang panas disiram air, bisa menyebabkan perubahan bentuk pada tromol. Jika sudah berubah bentuk, potensi rem memudar alias brake fading akan lebih tinggi,” ucap Ahmad, pada saat sesi kuliah di akun grup Telegram Indonesia Tuckers Club belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Menurut Ahmad, cara mendinginkan rem yang paling baik adalah dengan cara istirahat (berhenti) sampai suhu turun dengan alami minimal 30 menit.

Perilaku yang kedua, pengemudi suka mengocok rem, baik yang sudah full air brake (FAB) ataupun yang masih hidrolik, menggunakan minyak rem.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.