Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza-Xenia RWD Mulai Setop Produksi?

Kompas.com - 15/10/2021, 18:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Duo MPV murah terlaris di Indonesia memasuki masa purnabakti. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang selama ini jadi basis produksi mulai menghentikan duet maut Avanza-Xenia berpenggerak roda belakang atau RWD, dan beralih ke calon generasi terbaru.

Meski sampai saat ini belum ada penjelasan langsung dari pihak PT ADM, tapi bocoran generasi barunya makin menguat, bahkan kabarnya makin meluas.

Tak sekadar masalah pembaruan yang akan diterapkan, seperti penggunaan CVT, platform, sampai pindahnya sistem penggerak roda dari belakang ke depan alias FWD, tapi juga masalah produksi.

Baca juga: Jegal Avanza-Xenia dan Xpander Facelift, Suzuki Bakal Hadirkan Ertiga Varian Baru

Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019Ruly Kurniawan/Kompas.com Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019

Dari informasi yang redaksi dapat, Daihatsu sudah tak lagi melanjutkan produksi Xenia lawas, alias discontinue. Otomatis hal ini juga berlaku untuk Avanza.

"Xenia sudah tak diproduksi lagi, namun untuk service part masih bisa. Konsumen juga tak perlu khawatir lantaran model lamanya masih ready stock/component," tulis sumber internal kepada Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Namun demikian, seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat mengonfirmasi terkait masalah ini, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM Amelia Tjandra, masih bergeming.

Baca juga: Update Kabar Avanza-Xenia Baru dengan CVT dan FWD, Kapan Meluncur?

Jawaban yang sama juga disampaikan ketika ditanya soal kabar kehadiran generasi baru dari dua MPV sejuta umat. Amel hanya mengatakan informasinya bakal disampaikan pada waktunya.

Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019TAM Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019

"Jawaban saya masih sama, saya jelaskan pada waktunya," tulis Amel dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com