Avanza-Xenia RWD Mulai Setop Produksi?

Kompas.com - 15/10/2021, 18:51 WIB
Gambar render calon Toyota Avanza model baru. Bagas Satria AkbarGambar render calon Toyota Avanza model baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Duo MPV murah terlaris di Indonesia memasuki masa purnabakti. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang selama ini jadi basis produksi mulai menghentikan duet maut Avanza-Xenia berpenggerak roda belakang atau RWD, dan beralih ke calon generasi terbaru.

Meski sampai saat ini belum ada penjelasan langsung dari pihak PT ADM, tapi bocoran generasi barunya makin menguat, bahkan kabarnya makin meluas.

Tak sekadar masalah pembaruan yang akan diterapkan, seperti penggunaan CVT, platform, sampai pindahnya sistem penggerak roda dari belakang ke depan alias FWD, tapi juga masalah produksi.

Baca juga: Jegal Avanza-Xenia dan Xpander Facelift, Suzuki Bakal Hadirkan Ertiga Varian Baru

Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019Ruly Kurniawan/Kompas.com Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019

Dari informasi yang redaksi dapat, Daihatsu sudah tak lagi melanjutkan produksi Xenia lawas, alias discontinue. Otomatis hal ini juga berlaku untuk Avanza.

"Xenia sudah tak diproduksi lagi, namun untuk service part masih bisa. Konsumen juga tak perlu khawatir lantaran model lamanya masih ready stock/component," tulis sumber internal kepada Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikian, seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat mengonfirmasi terkait masalah ini, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM Amelia Tjandra, masih bergeming.

Baca juga: Update Kabar Avanza-Xenia Baru dengan CVT dan FWD, Kapan Meluncur?

Jawaban yang sama juga disampaikan ketika ditanya soal kabar kehadiran generasi baru dari dua MPV sejuta umat. Amel hanya mengatakan informasinya bakal disampaikan pada waktunya.

Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019TAM Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019

"Jawaban saya masih sama, saya jelaskan pada waktunya," tulis Amel dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.