Yamaha Y-Connect Vs Honda RoadSync, Siapa yang Lebih Canggih?

Kompas.com - 15/10/2021, 14:01 WIB
All New Nmax 155 Connected/ABS Dok. YamahaAll New Nmax 155 Connected/ABS

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang ini, dengan kemajuan teknologi, banyak sepeda motor yang memiliki sistem konektivitas Bluetooth. Sistem tersebut membuat ponsel bisa dihubungkan ke panel instrumen.

Setelah dihubungkan, berbagai fitur dapat dimanfaatkan melalui aplikasi. Untuk Yamaha, membutuhkan aplikasi Y-Connect. Sedangkan Honda, menggunakan aplikasi Honda RoadSync.

Baca juga: Yamaha YZF-R15 dan MT-15 Bakal Dibekali Y-Connect

Di Indonesia, Yamaha Y-Connect dapat digunakan pada All New Nmax 155 Connected dan All New Aerox 155 Connected. Tapi, di India, generasi terbaru R15 FZ-X, FZS-FI, Fascino 125, dan Rayzr 125, juga sudah disematkan fitur tersebut.

Honda Smartphone Voice Control (HSVC) systemDok. Honda Honda Smartphone Voice Control (HSVC) system

Sementara untuk Honda, belum ada motornya yang dipasarkan di Indonesia yang memiliki teknologi Honda Smartphone Voice Control system (HSVCs). Namun, fitur ini dapat ditemui pada CB1000R, CB1000R Black Edition, Forza 750, Forza 350, X-ADV, dan CB350.

Meski Y-Connect dan Honda RoadSync sama-sama menawarkan fungsi menarik di dalam sistemnya, tapi ada beberapa perbedaan fitur yang disediakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal Fitur Honda Smartphone Voice Control System dan Cara Kerjanya

Y-Connect

Aplikasi Yamaha Y-ConnectDok. YIMM Aplikasi Yamaha Y-Connect

Pada Y-Connect, bisa dikatakan cukup lengkap dan interaktif. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur, seperti notifikasi telepon, e-mail, dan pesan yang ditampilkan di panel instrumen atau speedometer. Tapi, untuk melihat lebih lanjut, penggunanya tetap harus melihat ponsel.

Lalu, di dalam aplikasinya sendiri, ada beragam fitur yang dapat dioperasikan langsung dari ponsel. Aplikasi ini menyajikan lokasi parkir atau lokasi terakhit saat motor dimatikan. Ada notifikasi malfungsi yang mengirimkan e-mail jika terjadi masalah pada motor.

Ada juga konsumsi BBM, mulai dari real time hingga bulanan. Sehingga, penggunanya bisa menganalisa pemakaian BBM saat berkendara.

Tanda aplikasi Y-Connect telah terkoneksi ke motorKOMPAS.com/Ruly Tanda aplikasi Y-Connect telah terkoneksi ke motor

Lalu, ada Revs Dashboard yang menampilkan data perputaran mesin secara real time, akselerasi berkendara yang ekonomis, temperatur pada intake manifold, dan temperatur air radiator.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.