Soal Produk Baru di GIIAS, Daihatsu Bilang Lihat Saja

Kompas.com - 15/10/2021, 09:02 WIB
Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bakal meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada November mendatang.

Dari segi kesiapan, Daihatsu mengklaim sudah melakukan sejak jauh-jauh hari. Namun tetap mengikuti perkembangan terkini, juga ada beberapa penyesuaian yang dilakukan.

"Sudah siap sejak tahun lalu karena hanya penundaan. Tapi kami tetap lakukan persiapan dengan situasi terakhir, dan update juga soal materi-materi yang akan kami suguhkan nanti," ujar kata Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Begini Persiapan Mitsubishi di GIIAS 2021, Ada Xpander Facelift?

Ketika ditanya sajian produk apa saja yang akan ditampilkan, termasuk soal adanya kemungkinan model baru, Hendrayadi masih enggan memberikan bocoran.

Karena seperti diketahui, sejak pertengahan 2021 lalu, rumor kehadiran generasi baru MPV murah Xenia sudah kencang berembus. Belum lagi ditambah dengan adanya kabar kehadiran Rocky bermesin hibrida.

Gambar render calon Toyota Avanza model baru.Bagas Satria Akbar Gambar render calon Toyota Avanza model baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau ditanya apakah ada produk baru, jawabannya standar. Mungkin nanti lebih baik melihat dan mengunjungi langsung di booth Daihatsu apakah produk baru ada atau tidak," ucap Hendrayadi.

"Sampai dengan sekarang, kami belum bisa menyampaikan akan ada apa saja di booth Daihatsu saat GIIAS. Jadi tunggu dan lihat saja," lanjutnya.

Baca juga: Tanpa Aturan Turunan Carbon Tax, Banderol LCGC Terancam Naik 15 Persen

Kabar kehadiran generasi baru Xenia mulai santer sejak terindikasi dari dokumen Permendagri No.40 Tahun 2021 mengenai Perubahan Atas Peraturan Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Pada dokumen tersebut terlihat adanya kendaraan dengan kode W100RG dan W101RG yang diduga sejauh ini adalah Xenia baru dengan dua mesin bensin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc sama seperti yang ada saat ini.

Ilustrasi Daihatsu Rocky HybridCREATIVE311.com Ilustrasi Daihatsu Rocky Hybrid

Namun yang menarik, berdasarkan varian ternyata ada pilihan transmisi CVT. Seperti diketahui, model transmisi matik modern tersebut pertama kali digunakan Daihatsu untuk pasar Indonesia dan dijual secara massal pada Rocky yang meluncur tahun ini.

Hal ini tentu makin jadi sinyal tersendiri akan hadirnya model baru dari Xenia, mengingat MPV murah tersebut sudah lama tak mendapat total pembaruan. Apalagi Daihatsu juga memang sedang menyiapkan produksi transmisi CVT di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.