Perhatikan, Ini Ritual Wajib Sebelum Mengemudikan Mobil

Kompas.com - 15/10/2021, 06:42 WIB
Posisi mengemudi ideal yang dipraktekan saat Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018). Kompas.com/Alsadad RudiPosisi mengemudi ideal yang dipraktekan saat Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi merupakan kegiatan mengendalikan kendaraan dengan penuh konsentrasi dan harus fokus terhadap lingkungan sekitar. Tidak jarang kecelakaan terjadi ketika pengemudi lalai.

Sama halnya ketika akan mengemudikan kendaraan, pengemudi perlu memperhatikan lokasi sekitar terutama pada saat akan keluar dari tempat parkir.

Baca juga: Bendung Calon Avanza-Xenia Baru, Mitsubishi Siapkan Xpander Facelift

Memastikan keamanan sebelum berkendara menjadi hal yang perlu dilakukan guna memastikan keamanan dan keselamatan saat mengemudikan kendaraan roda empat.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, sebelum mengemudikan mobil hal mendasar yang penting untuk diperhatikan adalah operasional yang benar.

kursus mengemudiKompas.com/Fathan Radityasani kursus mengemudi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan, keamanan serta keawetan dari setiap komponen kendaraan tersebut. Menurut dia, ada beberapa adab yang perlu dilakukan oleh seorang pengemudi sebelum menyalakan mesin dan berkendara.

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengemudikan mobil atau keluar tempat parkir, yakni memastikan kondisi sekitar. Pastikan kondisi sekitar mobil sudah aman dari hewan atau orang yang ada di sekitar mobil.

Baca juga: Bocoran Xpander Terbaru, Begini Ubahannya sejak Meluncur

"Sebelum masuk ke dalam mobil biasakan kelilingi satu kali untuk memastikan kondisi aman di sekitarnya sebelum kendaran bergerak," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Setelah memastikan kondisi sekitar kendaraan aman, biasakan untuk bunyikan klakson satu kali. Kebiasaan ini disarankan dilakukan saat mobil berada di area parkir dan bukan di lingkungan rumah sakit atau tempat ibadah.

Mengemudi ke Giethoorn, Belanda.ARYA DARU PANGAYUNAN Mengemudi ke Giethoorn, Belanda.

"Banyak dari pengemudi yang dalam mengemudi sering menabrak saat kondisi baru akan jalan. Salah satu alasan keamanan yakni dengan membunyikan klakson satu kali," ucap Sony.

Baca juga: Jokowi Bilang Sebentar Lagi Mobil Listrik Buatan Indonesia Mulai Masif

Dengan membunyikan klakson sebelum berjalan akan membuat orang di sekitar kendaraan dan mendengar klakson dapat beranjak atau menghindar dari mobil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.