90.000 Orang Bikin SIM via Aplikasi Sinar

Kompas.com - 15/10/2021, 08:22 WIB
Ilustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online.

JAKARTA, KOMPAS.com – Aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) telah meluncur sejak awal 2021. Sejak itu, proses bikin SIM menjadi lebih cepat, khususnya dalam memperpanjang masa berlaku.

Sebab, dengan aplikasi tersebut, pemohon cukup mengunduh aplikasi ini di Playstore atau App Store dari telepon seluler.

Kombes Tri Julianto Djatiutomo, Kepala Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri, mengatakan, jumlah pemohon perpanjangan masa berlaku SIM online melalui aplikasi online Sinar Korlantas Polri terus meningkat sejak diresmikan.

Baca juga: Bendung Calon Avanza-Xenia Baru, Mitsubishi Siapkan Xpander Facelift

Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri yang mencakup layanan perpanjangan SIM A dan C.Screenshot aplikasi Play Store Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri yang mencakup layanan perpanjangan SIM A dan C.

"Dari tanggal 13 April sampai 12 Oktober 2021 kita sudah memproduksi SIM sebanyak 97.417 melalui aplikasi Sinar," ujar Djati dalam keterangan tertulis (14/10/2021).

Djati menambahkan, dari jumlah tersebut, perpanjangan SIM A berjumlah 34.411 pemohon. Sementara untuk SIM C sebanyak 63.006 pemohon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada sistem tersebut terlihat adanya peningkatan jumlah kepuasan terhadap pelayanan publik, terutama di bidang perpanjangan masa berlaku SIM secara online.

Baca juga: Fenomena Pamer Harta Mengungkap Biaya Servis Lamborghini

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

Menurut dia, aplikasi Sinar dapat membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebab, masyarakat tidak perlu berkerumun dalam antrean perpanjangan masa berlaku SIM di Gerai, Satpas, ataupun SIM keliling.

Selain itu, SIM online ini bisa mencegah praktik percaloan di mana pun lantaran petugas di lapangan tidak bersentuhan dengan para pemohon.

Baca juga: Ini Kisaran Harga Tiket WSBK di Sirkuit Mandalika

Ilustrasi mengurus Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Ilustrasi mengurus Smart SIM

Tak ketinggalan, biaya perpanjangan SIM pun sama dengan mengurus di kantor SIM, yakni Rp 75.000 untuk SIM C dan Rp 80.000 untuk SIM A.

Adapun soal pembayaran bisa dilakukan secara digital lewat transfer bank, baik lewat ATM, mobile banking, maupun yang sudah berbasis virtual account.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.