Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Daihatsu Taft Naik ke Rel Kereta Api

Kompas.com - 12/10/2021, 17:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Suatu cuplikan video yang memperlihatkan Daihatsu Taft generasi kedua naik ke perlintasan kereta api pada suatu wilayah di Indonesia tengah viral di media sosial.

Pasalnya, aktivitas yang juga melibatkan beberapa petugas tersebut cukup menarik perhatian sebagaimana dilansir Kompas.com dari akun Instagram @offroad_viral, Selasa (12/10/2021).

Terlihat, sport utility vehicle (SUV) terkait diberi komponen tambahan agar bisa bergerak secara baik pada rel kereta api berupa sebuah palang besi yang dipasangi roda kereta.

Baca juga: Uji Jakarta-Lombok, Motor Listrik BL-SEV01 Balik ke Kampus Budi Luhur

Ketangguhan Daihatsu Taft di medan off-road.Taufik Eko Ketangguhan Daihatsu Taft di medan off-road.

Palang besi tadi dipasang di bagian bemper depan dan belakang, serta diatur agar pas di lintasan rel. Sementara ban dari mobil sendiri tidak dilepas namun tak menapak secara langsung.

Untuk keseluruhan tampilan Taft berwarna hijau itu sendiri, masih standar pabrikan. Tidak ada perubahan ekstrem sehingga kuat dugaan kegiatan tersebut untuk menguji lintasan tertentu.

"Gimana kalau ngerem? Bisa dilihat seklias yang menempel bukan bannya (melainkan roda kereta kecil)," tulis keterangan di video itu.

Hingga artikel ini ditayangkan, belum terdapat keterangan resmi dari pihak Daihatsu Indonesia maupun Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Namun bila merujuk aktivitas serupa sebelumnya, itu dilakukan untuk menguji lintasan kereta.

Baca juga: IMI Koordinasi dengan FIM, Gelaran WorldSBK di Mandalika Sesuai Jadwal

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Offroad Viral (@offroad_viral)

Tiga tahun lalu, Suzuki Jimny yang kedapatan melaksanakan pengujian. Kala itu, lintasan yang diuji ialah rel kereta LRT di Palembang, Sumatera Selatan.

"Mobil Jimny tersebut digunakan untuk inspeksi prasarana LRT Sumsel yakni third rail untuk power suppy LRT Sumsel serta untuk mobilisasi di atas track dan untuk clear area di atas rel sblm kereta berjalan di atas rel," jelas Ditjen Perkerataapian dalam keterangannya.

Adapun kegiatan tersebut sudah mendapatkan izin dari PT LEN Industri di Bandung. Jimny cocok karena lebar ruas kereta api di Indonesia sesuai dengan jarak antar ban pada mobil itu. Jadi, bukan untuk pamer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com