Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kevin Schwantz Bilang Trauma Kecelakaan Akan Membekas Selamanya

Kompas.com - 13/10/2021, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

AUSTIN, KOMPAS.com - Marc Marquez terus menunjukkan peningkatan di MotoGP 2021. Setelah absen selama setahun penuh karena cedera, Marc berhasil menjuarai dua seri.

Meski demikian, legenda balap motor Kevin Schwantz mengatakan, trauma soal kecelakaan tetap membekas di kepala Marc selamanya dan tidak akan pernah hilang.

"Cedera itu tetap ada di kepala seorang pebalap, Anda dapat mendorongnya menjauh, mungkin menghindari memikirkannya, tetapi dia tetap ada bahkan ketika tubuh sembuh," katanya mengutip Tuttomotoriweb, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Bersihkan Mesin Motor Jangan Pakai Bensin

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (Spanyol) melaju lurus pada MotoGP America di Circuit Of The Americas COTA. Latihan bebas pada 1 Oktober 2021 di Austin, Texas. Hasil MotoGP Amerika, Marc Marquez terdepan.MIRCO LAZZARI GP Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (Spanyol) melaju lurus pada MotoGP America di Circuit Of The Americas COTA. Latihan bebas pada 1 Oktober 2021 di Austin, Texas. Hasil MotoGP Amerika, Marc Marquez terdepan.

"Waktu dan hasil membantu menjaga pikiran itu tetap baik, tetapi tidak membuatnya hilang selamanya,” ucap juara dunia GP 500 tahun 1993 tersebut.

Ucapan pebalap dengan nomor #34 itu bukan omong kosong. Schwantz pernah mengalami cedera parah pada pergelangan tangan kanan yang membuatnya tidak bisa menyelesaikan musim 1995.

Cedera itu kemudian memaksa Schwantz untuk pensiun dari karirnya sebagai pebalap profesional.

"Di Honda mereka telah bekerja selama beberapa waktu untuk membuatnya tersedia dari 'tahun depan dengan motor terbaik, juga berdasarkan indikasi dan kebutuhan barunya,“ katanya.

Baca juga: Ini Dia Toyota Rumion, Kembarannya Suzuki Ertiga

Mantan pebalap asal Amerika Serikat, Kevin Schwantz (tengah), berpose bersama Valentino Rossi (kiri) dan Marc Marquez.CRASH.NET Mantan pebalap asal Amerika Serikat, Kevin Schwantz (tengah), berpose bersama Valentino Rossi (kiri) dan Marc Marquez.

Schwantz menilai setelah kemenangan Marc di GP Jerman bakal melihat perbedaan. Marc memang berhasil keluar sebagai juara di GP Amerika Serikat, tapi belum konsisten di semua trek.

“Ketika Anda keluar untuk waktu yang lama, tidak mudah untuk segera menemukan hasil dan Marc Marquez juga membutuhkan waktu," katanya.

"Namun setelah kemenangan di Jerman, saya pikir titik balik bisa datang, tetapi tidak demikian karena dia tidak menemukan kepercayaan diri yang sama di setiap trek,” kata Marc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com