Genangan Air Tinggi, Waspada Oli Jadi Kopi Susu

Kompas.com - 24/09/2021, 18:31 WIB
Warga mendorong motornya yang mogok saat melintasi banjir di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (8/2) dini hari membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANWarga mendorong motornya yang mogok saat melintasi banjir di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (8/2) dini hari membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, hujan mulai sering turun membasahi sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, hingga membuat beberapa titik terdapat genangan air yang cukup tinggi.

Saat berkendara sepeda motor dan menemui genangan air yang cukup tinggi tersebut, tentu harus lebih berhati-hati. Sebab, dikhawatirkan air dapat merembes masuk ke ruang mesin dan bercampur dengan oli.

Baca juga: Cara Cek Kondisi Oli Mesin Motor Tanpa Harus ke Bengkel

"Selalu periksa kondisi motor, jangan sampai air masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli," ujar Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Oli campur air Foto: Pelicanparts Oli campur air

Jika oli yang bercampur air tersebut tetap dibiarkan di dalam mesin, akan membuat komponen di dalam mesin akan mudah rusak. Seandainya itu terjadi, tentu biaya yang dikeluarkan juga lebih besar untuk perbaikan.

Asep mengatakan, oli yang tercampur dengan air dapat dilihat dari fisiknya. Warnanya akan berubah jadi seperti kopi susu. Kondisi ini yang membuat mesin jadi tidak bekerja maksimal. Sebab, performa oli untuk melumasi jadi berkurang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sering Telat Ganti Oli Mesin Mobil Bisa Berdampak Buruk

Dengan komponen mesin tidak terlumasi dengan baik, akan membuat mesin lebih panas hingga menyebabkan mesin mengelitik atau terjadi knocking.

Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin motor (Shutterstock/kasarpstudio) Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin motor

Saat oli mesin sudah tercampur dengan air, sebaiknya oli tidak hanya diganti. Tapi, perlu juga untuk dilakukan pembilasan total.

"Jika kurang paham dalam melakukan pengecekan tersebut, dan untuk mengecek hal itu dengan cara melakukan pengecekan di bengkel resmi," kata Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.