Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Ban Motor Aus Sebelah, Penyebabnya Bukan Hanya Kurang Tekanan

Kompas.com - 24/09/2021, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tekanan udara pada ban motor penting untuk dijaga. Salah satu tujuannya agar kondisi dan usia pakainya dapat bertahan lama.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, salah satu dampak kurangnya tekanan udara pada ban adalah ban menjadi aus atau habis sebelah.

Namun, tak hanya itu saja ternyata dampaknya. Kondisi suspensi pun bisa menjadi salah satu faktornya, khususnya suspensi belakang.

Baca juga: 6 Tips Mudah Merawat Ban Motor Agar Awet

"Kita (IRC) pernah melakukan pengetesan pakai motor bebek. Salah satu suspensi kita buat mati. Hasilnya yang bagian mati yang mati lebih cepat habis. Jadi suspensi memang salah satu faktornya," kata Dodiyanto, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150Kompas.com/Donny Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150

Dodiyanto mengatakan, skuter matik (skutik) dengan suspensi belakang tunggal pun juga sama saja. Jika suspensinya tidak bekerja dengan baik, entah itu keras atau bahkan mati, maka bisa juga berdampak pada ban.

"Untuk motor matik, suspensi satu pun sama, saat suspensi tidak berjalan baik, efeknya bisa jadi ban abis sebelah. Karena dia tidak ngayun istilahnya," ujar Budiyanto.

Baca juga: Ini Tiga Penyebab yang Bikin Ban Motor Benjol

Masih ada faktor lainnya, yakni kembangan atau alur ban. Namun, menurut Dodiyanto, kasus tersebut tergolong jarang. Dodiyanto mengatakan, pola tapak ban mungkin saja berpengaruh pada tingkat keausan ban, tapi jarang ditemukan.

"Kita pernah temukan partern itu juga berpengaruh. Abisnya ban tidak rata. Tapi kalau IRC kemunginan tidak, sebab kita kan ada tes pemakaian langsung. Motor dipakai dan diajak bolak balik, jadi dilihat," kata Budiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com