Cuaca Panas dan Hujan Tak Menentu, Jangan Lupa Cek Air Wiper

Kompas.com - 24/09/2021, 11:22 WIB
Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper. Foto: PeugeotAir wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi wiper yang baik belum cukup jika cairan di dalamnya tidak maksimal. Sebab air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca agar mudah dibersihkan bilah wiper.

Rafi'i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak, mengatakan, dalam cuaca panas dan hujan tak mementu seperti saat ini, jangan lupa untuk mengecek tabung resevoir air wiper.

Baca juga: Mulai Masuk Musim Penghujan, Simak Tips Atasi Ban Mobil Selip

“Ada baiknya tabung reservoir sering dicek terutama batas volume air dan kualitas air. Sehingga fungsi wiper serta komponen pendukungnya (air, motor elektrik dan nosel) berkerja sempurna,” katanya dalam rilis resmi, Jumat (24/9/2021).

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Rafi'i mengatakan mengecek kondisi air wiper tidak sulit. Pertama ialah mengetahui posisi tabung reservoir di pada. Kemudian tinggal tuangkan air wiper yang sudah disiapkan sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunakan air bersih guna mencegah penyumbatan pada lubang keluaran. Isi air wiper sampai batas maksimal, seperti yang tertera di tabung. Lalu tutup kembali penutup tabung air wiper.

“Sebaiknya air wiper tidak dibiarkan sampai kosong. Meskipun tidak dipungkiri ada saja yang luput tidak menyadari tabung air wiper kosong dalam waktu lama," katanya.

Baca juga: Alasan Kenapa Harga BR-V Baru Lebih Murah Tahun Ini Dibanding 2022

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

"Padahal air wiper lama kosong risikonya timbulkan kotoran yang bersarang sampai terjadi penyumbatan. Karenanya rutin cek kondisi tabung air wiper dan isi saat air wiper sudah tinggal sedikit,” kata Rafi’i.

Langkah berikutnya adalah perhatikan semprotan air wiper. Selain kondisi karet wiper jangan lupa melihat keadaan semprotan air wiper ke arah kaca.

Terutama aliran air di selang hingga semprotan air wiper selalu lancar dan arah semburannya sesuai dengan keinginan.

Apabila semprotan air wiper mobil mendadak macet, beberapa jenis kendaraan memang bisa diperbaiki sendiri terutama yang nosel-nya berada di area terbuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.