GPX Demon GR200R Meluncur, Motor Sport Desain Agresif dari Thailand

Kompas.com - 24/09/2021, 14:21 WIB
GPX Demon GR200R Dok. GPXGPX Demon GR200R

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor sport full fairing dengan kapasitas mesin kecil masih banyak diminati, temasuk di Thailand. Belum lama ini, GPX Thailand meluncurkan Demon GR200R dengan tampilan yang sangat agresif.

Desain dan spesifikasinya berhasil menggugah minat konsumen. Dikutip dari Greatbiker.com, Jumat (24/9/2021), seminggu setelah peluncurannya, motor ini langsung dipesan 1.000 unit.

Baca juga: GPX POPZ 110, Super Cub Thailand Seharga Honda Revo

 

GPX Demon GR200RDok. GPX GPX Demon GR200R

Tak hanya tampilannya saja yang terlihat agresif, mesinnya juga memiliki performa yang cukup baik. Dengan mesin berkapasitas 200 cc, 4 katup, dan berpendingin cairan.

GPX Demon GR200RDok. GPX GPX Demon GR200R

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, GPX tidak menyebutkan dalam data spesifikasinya berapa besar tenaga yang dihasilkan mesin tersebut. Hanya torsi yang diungkapkan, yakni 17,5 Nm pada 7.500 rpm.

Klaster instrumennya sudah full digital. Uniknya, GPX tidak menggunakan tombol fisik, melainkan soft touch. Sistem pencahayaan depan dan belakang LED. Terdapat juga Daytime Running Light (DRL) yang membuat tampak depannya jadi lebih agresif.

Baca juga: Bahas GPX Rock, Motor Bebek Pabrikan China yang Mirip Honda Kirana

GPX Demon GR200RDok. GPX GPX Demon GR200R

Suspensi depan juga sudah mengandalkan upside down. Di bagian suspensi belakang, disematkan monoshock. Pada bagian preload, bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara hingga tujuh tingkatan.

Namun, belum ada sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) pada motor sport 200 cc ini. Pengeremannya hanya mengandalkan rem cakram depan berukuran 276 mm dan cakram belakang berukuran 220 mm.

GPX Demon GR200RDok. GPX GPX Demon GR200R

Secara desain mungkin terlihat lebih agresif dan futuristik. Tapi, fiturnya tidak selengkap Yamaha R15 atau Honda CBR150R, karena tidak ada Assist and Slipper Clutch.

Beberapa tahun lalu, Mitra2000, distributor sokbreker YSS, pernah memasarkan beberapa model GPX di Indonesia. Namun, penjualannya terhenti karena

GPX Demon GR200RDok. GPX GPX Demon GR200R

Di Thailand, GPX Demon GR200R dibanderol 79.800 baht atau sekitar Rp 34,1 jutaan. Harganya cukup bersaing dengan CBR150R yang dibanderol mulai dari Rp 36,1 jutaan hingga Rp 41 jutaan dan R15 dengan harga Rp 37,4 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.