Eksistensi Peugeot Penetrasi Pasar SUV Dalam Negeri

Kompas.com - 20/09/2021, 13:41 WIB
Ilustrasi produk Peugeot KOMPAS.com/RulyIlustrasi produk Peugeot
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan tanpa alasan Astra Peugeot memilih SUV sebagai produk andalan untuk pasar Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir, duo SUV Peugeot 3008 dan 5008 merupakan penopang penjualan.

Beragam varian kemudian coba disodorkan Astra Peugeot. Bila sebelumnya konsumen hanya disuguhi model 3008 dan 5008 GT Line kini tersedia varian Allure Plus.

Baca juga: Polisi Pastikan Tidak Ada Razia di Operasi Patuh Jaya 2021

Rokky Irvayandi, CEO Astra Peugeot, mengatakan, Astra Peugeot serius menggarap SUV sebagai pasar potensial di Tanah Air karena punya prospek yang bagus.

Peugeot 3008 dan 5008 Allure PlusIstimewa Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus

“Momentum duo SUV Peugeot facelift 2021, Astra Peugeot masih tetap serius menggarap pasar SUV Premium untuk pasar Indonesia. Kami yakin pasar SUV Premium masih punya prospek positif di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (20/9/2021).

Rokky mengatakan, perkembangan SUV merupakan fenomena global. Di berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Amerika, Asia hingga kawasan Asia Tenggara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar pabrikan global berlomba meluncurkan produk terbaiknya termasuk SUV. Dalam satu dekade terakhir, perkembangan SUV kian kentara dan memberikan sinyal positif.

Menurut data JATO European, SUV menguasai pasar Eropa sebesar 44 persen pada 2020. Meski pasar otomotif Eropa turun hingga 26 persen dari total penjualan year on year (yoy).

Baca juga: Akibat jikalau Mesin Diesel Diisi Solar Tidak Sesuai Spesifikasi

Ilustrasi diler Peugeot di Tangerang Selatan.DOK. ASTRA PEUGEOT Ilustrasi diler Peugeot di Tangerang Selatan.

Group Volkswagen, Peugeot, BMW, Mercedes Benz dan Audi masih mendominasi di pasar SUV.

Menurut Rokky, pasar otomotif terutama SUV di Thailand, Vietnam, Malaysia masih memberikan sinyal positif. Meski pandemi Covid-19 memukul industri hingga turun 29 persen.

Khusus untuk pasar Indonesia, kata Rokky, SUV masih memberikan sinyal baik dan tetap disukai untuk pilihan konsumen lokal.

Bahkan pasar SUV kian berkembang sedemikian rupa dalam berbagai lapisan konsumen. Mulai dari light SUV hingga Big SUV, termasuk SUV Premium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.