Kecelakaan Maut Pikap Tabrak Truk, Ingat Lagi Cara Menyalip yang Aman

Kompas.com - 20/09/2021, 11:42 WIB
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.(SHUTTERSTOCK) KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALIlustrasi kecelakaan lalu lintas.(SHUTTERSTOCK)

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan maut yang melibatkan mobil pikap dengan truk di Ruas Tol Pemalang-Batang Km 33+200, Minggu (19/9/2021) pukul 10.00 WIB.

Kronologi bermula saat mobil pikap melaju dari arah barat ke timur di jalur lambat. Pikap lantas hendak menyalip truk di depan. Pengemudi pikap tersebut melakukan gerakan berpindah ke lajur kanan.

Namun di saat bersamaan, terdapat mobil lain yang melaju dengan kecepatan tinggi di belakang pikap. Pengemudi pikap yang kaget langsung membatalkan manuver menyalip dan segera membanting setir ke kiri.

Naas, pikap terbentur badan truk. Akibat kecelakaan tersebut, satu penumpang mobil pikap meninggal di lokasi kejadian akibat benturan keras.

Baca juga: Hasil MotoGP San Marino 2021, Bagnaia Juara Lagi, Quartararo Kedua

ilustrasi menyalipKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi menyalip

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manuver menyalip kendaraan memang butuh persiapan yang matang agar tetap aman. Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa ada etika dalam menyalip kendaraan.

Jika menyalip di jalan yang memiliki beberapa lajur dalam satu jalur, hal yang harus dilakukan pertama kali sebelum mulai menyalip adalah melihat situasi di belakang lewat spion terutama pada lajur kanan. Bila terlihat kendaraan di belakang dengan jelas, itu pertanda jarak kendaraan tersebut cukup dekat.

Menyalip akan aman dilakukan jika kendaraan di belakang posisinya cukup jauh. Jika dirasa sudah ada jarak yang cukup dengan kendaraan di belakang, nyalakan lampu sein kanan sebagai kode bahwa akan menyalip.

"Jadi jangan nyalakan (lampu) sein baru lihat spion. Itu salah," kata Sony menegaskan.

Baca juga: Honda BR-V Terbaru Siap Meluncur, Ada 5 Varian, Ini Bocoran Harganya

Usai menyalakan lampu sein, bukan berarti otomatis sudah boleh pindah ke lajur kanan untuk menyalip. Pastikan kendaraan di belakang memberikan kesempatan dengan mengurangi kecepatan.

Ilustrasi menyalip truk Foto: Quora Ilustrasi menyalip truk

Jika menyalip kendaraan menggunakan jalur dari arah berlawanan, pastikan terdapat ruang yang cukup untuk menyalip tanpa banyak menggunakan jalur berlawanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.