Dua Motor Adu Banteng Akibat Menyalip Truk Panjang

Kompas.com - 19/09/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas GAS2.orgIlustrasi kecelakaan lalu lintas

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar di media sosial video yang memperlihatkan dua pengendara motor alami adu banteng lantaran nekat menyalip truk tangki.

Video tersebut viral setelah diunggah oleh akun Dashcam Owners Indonesia. Dalam rekaman itu terlihat pengendara motor yang hendak menyalip truk tangki dari arah kanan jalan.

Saat sampai di lokasi kejadian, truk tersebut terlihat ingin mendahului sepeda motor yang berada di sebelah kiri jalan.

Sopir truk pun terlihat sedikit membelokan setir ke arah kanan, hingga membuat pengemudi motor yang menyalip itu kaget dan melakukan manuver secara mendadak.

Baca juga: Suzuki Jimny Terbaru, Harga Mulai Rp 192 Jutaan

Naasnya, pada saat yang bersamaan ada pengendara motor lain yang melintas dari arah berlawanan. Alhasil, tabrakan pun tidak bisa dihindarkan.

Terkait kejadian ini, pengendara sepeda motor yang ingin menyalip kendaraan panjang seperti truk memang harus memperhatikan beberapa hal, supaya tetap aman dan minim risiko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, menyalip kendaraan panjang seperti truk membutuhkan trik khusus. Sebab, tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi dibanding kendaraan kecil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

“Selain kendaraan tersebut bergerak, faktor lalu lintas yang ramai dan kondisi jalan yang berliku membuat mendahului itu butuh perhitungan yang matang,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Menurut Sony, salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya pengendara bisa menyalip kendaraan besar adalah mementum. Pastikan di awal kendaraan pemilik kecepatan yang cukup dan pastikan jalannya lurus, serta memiliki blindspot yang kecil.

“Pandangan juga wajib memperhatikan garis marka jalan, apakah menyambung atau terputus. Sebab, hal ini yang menentukan boleh atau tidak menyalip kendaraan di jalan tersebut,” kata dia.

Baca juga: Pengendara Motor Kena Seruduk Mobil Saat Putar Balik

Sony melanjutkan, pastikan juga ada ruang yang cukup sesaat dan setelah mendahului, paling penting pengendara tidak gugup saat melakukannyanya.

Saat tiga faktor di atas sudah dipenuhi, maka pengendara bisa menyalip truk dengan penuh kehati-hatian.

“Setelah itu segera menjauh, karena berada di depan truk berisiko tertabrak akibat rem blong,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.