BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bridgestone

Pemilik Mobil SUV Harus Tahu Tipe Ban yang Cocok Digunakan Sesuai dengan Jenis Medan

Kompas.com - 18/09/2021, 10:12 WIB
Bridgestone menghadirkan Bridgestone Dueler A/T 697 sebagai ban yang memiliki kemampuan melewati segala jenis permukaan jalan. DOK. BRIDGESTONEBridgestone menghadirkan Bridgestone Dueler A/T 697 sebagai ban yang memiliki kemampuan melewati segala jenis permukaan jalan.
|

KOMPAS.com – Ban menjadi salah satu komponen terpenting pada kendaraan roda empat. Sebab, fungsinya tidak sekadar meneruskan kerja kemudi.

Ban dirancang untuk menopang berat kendaraan, menjaga kestabilan laju mobil, meminimalisasi guncangan jalan, mendukung sistem kerja akselerasi, dan mengakomodasi tenaga pengereman.

Agar ban berfungsi maksimal, penting bagi pemilik kendaraan untuk menggunakan ban sesuai spesifikasi mobil. Pasalnya, setiap jenis mobil punya kebutuhan ban yang berbeda-beda.

Baca juga: Bridgestone dan Lightyear Kolaborasi Ciptakan Ban Mobil Listrik Bertenaga Surya

Kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV), misalnya, memerlukan ban yang dapat melewati berbagai medan.

Dari segi ukuran, ban untuk SUV dan mobil jenis lain juga berbeda. Ini karena SUV memiliki ground clearance yang lebih tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan spesifikasi tersebut, bobot kendaraan otomatis menjadi lebih berat dibandingkan jenis mobil lain.

Baca juga: Bridgestone Buka Truck Tire Center di Semarang

Deputy Head of Original Equipment (OE) Sales PT Bridgestone Tire Indonesia Fisa Rizqiano mengatakan, pengguna mobil SUV sebaiknya memperhatikan jenis ban yang digunakan dan menyesuaikannya dengan medan yang biasa dilewati.

“Hal itu dilakukan untuk mendapatkan performa maksimal dan sensasi berkendara yang nyaman dan aman,” ujar Fisa dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (8/9/2021).

Pemilik kendaraan, lanjutnya, juga wajib memahami pola telapak ban. Jika ban mobil jenis lain dikenal dengan pola standar, asimetrik, dan searah, pola telapak ban SUV terbagi atas medan atau permukaan jalan.

Baca juga: Bridgestone Tambah 10 Authorized Outlet Baru sampai Akhir 2020

“Bagi pengendara SUV di wilayah perkotaan yang lebih banyak melewati jalan tol atau jalan dengan konstruksi aspal, sebaiknya memilih pola telapak ban dengan label highway performance (H/P), highway terrain (H/T), atau highway luxury (H/L),” ujar Fisa.

Pola telapak itu, imbuhnya, memberikan respons dan traksi lebih mumpuni pada permukaan beraspal, baik dalam kondisi basah maupun kering. Di sisi lain, pola telapak itu juga menghadirkan stabilitas dan penanganan (handling) yang unggul di jalan raya.

Kemudian, bagi pengendara yang bermobilitas di wilayah dengan medan beragam, seperti jalan berkontur aspal, jalan bebatuan, dan lumpur, pilihlah ban dengan label all terrain (A/T).

Sebagai informasi, ban dengan karakteristik A/T dirancang untuk kenyamanan dan kinerja yang seimbang pada jalan aspal serta medan off-road.

Baca juga: Bridgestone Luncurkan Ban Khusus untuk Mobil Sport

“Ban A/T memberikan sensasi berkendara yang relatif tenang dan nyaman pada konstruksi jalan aspal serta memiliki kemampuan off-road yang baik berkat konstruksi tread yang kuat. Meskipun didesain lebih agresif, telapak untuk ban A/T dapat dioptimalkan untuk mengurangi kebisingan jalan dan getaran saat digunakan,” jelas Fisa.

Lalu, bila kerap bermobilitas di area yang permukaan jalannya didominasi oleh tanah, bebatuan, dan lumpur, Fisa menyarankan pemilik mobil SUV menggunakan ban dengan tipe mud terrain (M/T).

Ban tipe M/T dirancang dengan tampilan lebih berani dan agresif. Pola telapak blok yang tegas dan searah mampu membuat ban “membersihkan diri” dari lumpur yang menempel.

Baca juga: All-New CR-V Pakai Ban Bridgestone

Kata Fisa, ban tipe M/T juga mampu memberikan stabilitas yang baik dan respons kemudi yang presisi saat melewati permukaan jalan sulit. Namun, ban tipe ini tidak disarankan untuk digunakan pada jalan aspal di perkotaan.

Pasalnya, ban tipe M/T memiliki tingkat kebisingan yang relatif tinggi saat melaju di jalan aspal. Selain itu, ban tersebut tidak cocok untuk digunakan pada kecepatan tinggi.

“Ban M/T tidak dirancang untuk penggunaan di wilayah perkotaan yang didominasi permukaan jalan aspal ataupun beton halus,” ujar Fisa.

Setelah menentukan jenis ban yang ingin diaplikasikan pada mobil SUV, langkah selanjutnya yang harus dilakukan pengguna adalah memilih ban yang berkualitas. Sebaiknya, pilih ban yang menerapkan teknologi tinggi dalam proses pengembangan dan pembuatannya, seperti yang dilakukan Bridgestone.

Baca juga: Beli Ban Bridgestone Tanpa Perlu ke Toko

Berbekal teknologi terkini, produk Bridgestone dirancang secara khusus untuk memberikan kenyamanan berkendara dan daya tahan yang tinggi demi keselamatan para pengguna.

Bridgestone Dueler H/T 684, misalnya, menyuguhkan pola telapak modern untuk stabilitas pengendalian yang sangat baik dan pengendaraan yang lebih tenang serta nyaman. Sebagai informasi, ban jenis ini menjadi salah satu rekomendasi untuk digunakan pada mobil SUV yang dominan melintasi jalanan perkotaan.

Selain itu, Bridgestone juga menghadirkan Bridgestone Dueler A/T 697 sebagai ban yang memiliki kemampuan melewati segala jenis permukaan jalan.

Jenis ban tersebut dirancang tidak hanya untuk menahan kondisi jalan pedalaman yang tidak mulus, tetapi juga memberikan kenyamanan saat harus berkendara di jalan aspal. Bridgestone Dueler A/T 697 juga memiliki ketahanan lebih baik sehingga masa pakainya cenderung awet.

Baca juga: Usia Pakai Ban SUV Bridgestone Tambah Panjang

Bagi penggemar off-road, Bridgestone menghadirkan Bridgestone Dueler M/T 674 yang dirancang untuk memenuhi tuntutan hardcore berkendara off-road, seperti saat harus melalui medan lumpur berat.

Dengan menggabungkan teknologi 3D revolusioner, ban jenis ini menawarkan daya tahan dan kinerja off-road yang superior serta memberikan daya tarik dan kontrol yang maksimal.

Dengan beberapa rekomendasi jenis ban untuk mobil SUV di atas, pengguna diharapkan tidak lagi salah memilih ban dan tetap tampil maksimal dengan kendaraan kesayangan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk-produk Bridgestone, kunjungi laman bridgestone.co.id.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.