Adu Tenaga dan Torsi Kiger dan Raize, Siapa Paling Kuat?

Kompas.com - 15/09/2021, 17:01 WIB
Toyota Raize GR Sport Single Tone TOYOTA.ASTRA.CO.IDToyota Raize GR Sport Single Tone

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Raize yang diperkenalkan pada akhir April 2021, kini mendapatkan pesaing baru dari Renault. Maxindo Renault Indonesia memboyong Renault Kiger ke Indonesia.

PT MRI membanderol Renault Kiger di Rp 278 juta, khusus di bulan September 2021, ada harga khusus menjadi Rp 275,9 juta.

Jika dilihat dari harganya yang Rp 270 jutaan, Kiger bisa diadu langsung dengan Toyota Raize 1,0 L GR Sport CVT Toyota Safety Sense (TSS) single tone yang dibanderol Rp 278,8 juta.

Kalau soal tampilan eksterior, sebenarnya kembali lagi ke minat dari pembelinya. Kalau mau tampilannya yang unik serta jarang di jalanan, bisa pilih Kiger. Sedangkan jika mau yang sederhana saja namun tetap gagah, bisa memilih Raize.

Baca juga: Lorenzo Sebut Quartararo Bisa Gagal Jadi Juara Dunia MotoGP

Ruang mesin Renault KigerZIGWHEELS.com Ruang mesin Renault Kiger

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tulisan kali ini, akan dibahas spesifikasi dari mesin yang digunakan kedua mobil. Keduanya memakai mesin 1.000 cc tiga silinder dengan turbo dan dihubungkan dengan transmisi CVT ke roda depan.

Secara spesifikasi, Kiger punya kapasitas mesin 999 cc yang menghasilkan tenaga 100 PS atau setara 98,6 TK di 5.000 rpm dan torsi 152 Nm di 2.200 rpm sampai 4.400 rpm.

Sedangkan Raize 1,0 L punya kapasitas mesin 998 cc yang menghasilkan tenaga 98 PS atau setara 96,6 TK di 6.000 rpm. Sedangkan torsi yang dihasilkan mesin turbo tersebut adalah 140,2 Nm di 2.400 rpm sampai 4.000 rpm.

Baca juga: Mau Pakai Pelat Nomor Cantik, Catat Ini Syaratnya

Power Mode Toyota Raize GR Sport CVTKOMPAS.com/STANLY RAVEL Power Mode Toyota Raize GR Sport CVT

Kedua mobil ini memiliki driving mode, misalnya Kiger punya mode Eco, Normal, dan Sport. Sedangkan milik Raize hanya ada power mode yang tombolnya ada di setir.

Di atas kertas, Kiger punya tenaga dan torsi yang lebih besar. Bahkan tenaga dan torsi tadi dapat diraih di putaran mesin yang lebih rendah dibanding Raize.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.