Adab Berkendara Motor di Jalan Berkelok Tanpa Marka

Kompas.com - 13/09/2021, 10:22 WIB
Naik motor di jalanan tanpa marka INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIANaik motor di jalanan tanpa marka

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalanan di Indonesia sangat beragam, mulai dari perkotaan yang relatif rata, sampai naik-turun berkelok di pegunungan. Pada beberapa lokasi, bahkan masih ada jalan tanpa marka.

Misalnya seperti yang terlihat pada video dashcam Indonesia di Instagram. Mobil perekam sedang berjalan, namun dari arah berlawanan ada pengendara motor yang hampir menabrak karena mengambil lajur orang lain.

Beruntung pengendara motor bisa menghindar, jadi kecelakaan bisa dihindari. Sayangnya, masih ada saja pengendara motor yang kurang paham bagaimana adab atau kepatutan berkendara yang baik di jalan tanpa marka seperti di video.

Baca juga: Banyak Motor Gagal Lewati Tanjakan Cinomati, Begini Tekniknya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani akan memberikan beberapa tips bagaimana cara berkendara yang baik di jalanan tanpa marka. Pertama adalah selalu berada di sisi kiri jalan saat berkendara.

“Karena jalanan tadi dua arah, sehingga jangan terlalu ke bagian tengah, apalagi berada di sisi kanan jalan," ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (12/9/2021).

Kedua, ketika masuk ke jalanan yang menikung, selalu kurangi kecepatan dan tetap pada sisi kiri jalan. Hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika melewati tikungan yang tidak dapat terlihat bagian depannya.

Baca juga: Pakai Ambulans Palsu buat Liburan ke Puncak, Ini Ancaman Pidananya

“Ketiga, hindari menikung dengan kecepatan tinggi. Hal ini akan memakan banyak ruang di jalan untuk bisa melewati tikungan,” kata Agus.

Terakhir, selalu berhati-hati dan waspada kendaraan dari arah depan saat melewati jalanan tanpa garis marka di tengah jalan. Lalu jaga kecepatan agar bisa mengantisipasi semua potensi bahaya yang bisa saja terjadi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.