Ganjil Genap di Jalur Puncak Dinilai Efektif Kurangi Mobilitas

Kompas.com - 13/09/2021, 09:42 WIB
Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANSituasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Cianjur menyatakan bahwa penerapan pembatasan mobilitas melalui skema ganjil genap di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat efektif untuk membatasi volume kendaraan bermotor di luar kota.

Bahkan, dalam pekan ini tidak ada antrean panjang kendaraan sebagaimana terjadi selama pekan sebelumnya, 3-5 September 2021 yang mengular seiring turunnya PPKM ke level 3.

"Kami akan mengevaluasi kembali penerapan gage di jalur Puncak-Cianjur karena ini cukup efektif dalam menekan mobilitas kendaraan, terutama di kawasan Puncak-Cipanas yang selama ini rawan macet," kata Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Kemenangan Perdana Bagnaia di MotoGP, Harus Kalahkan Marquez

Situasi lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (12/9/2021) malam.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (12/9/2021) malam.

Memang, lanjut dia, laju kendaraan sempat tersendat di beberapa titik rawan. Tetapi, tidak sampai terjadi macet total.

Apalagi setelah dilakukan rekayasa lalu lintas di titik rawan macet seperti Jalan Raya Pacet, Pasekon, hingga Hanjawar mulai kembali normal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemungkinan penerapan ganjil genap akan dilakukan, karena selama dua pekan terakhir tidak ada macet total di jalur Puncak. Kami akan koordinasikan dengan atasan dan Pemkab Cianjur. Ganjil genap efektif untuk mengatasi tingginya volume kendaraan saat akhir pekan, " kata Doni.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan hal yang sama terkait penerapan ganjil genap di jalur Puncak.

Baca juga: Pakai Pelat Nomor Palsu buat Akali Ganjil Genap, Ini Ancaman Pidananya

Sejumlah kendaraan terlihat maju perlahan saat melintasi jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/9/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah kendaraan terlihat maju perlahan saat melintasi jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/9/2021).

Menurut dia, aturan ini sangat efektif mengurangi volume kendaraan dari luar kota. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk tetap menerapkan ganjil genap meski masuk ke PPKM level 1.

"Kami menilai, ganjil genap untuk sementara dapat diterapkan kembali, karena efektif menekan mobilitas kendaraan pengunjung ke Cianjur. Nanti setelah dinyatakan nol kasus, kita akan terapkan normal kembali," kata Herman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.