Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjil Genap di Jalur Puncak Dinilai Efektif Kurangi Mobilitas

Kompas.com - 13/09/2021, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Cianjur menyatakan bahwa penerapan pembatasan mobilitas melalui skema ganjil genap di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat efektif untuk membatasi volume kendaraan bermotor di luar kota.

Bahkan, dalam pekan ini tidak ada antrean panjang kendaraan sebagaimana terjadi selama pekan sebelumnya, 3-5 September 2021 yang mengular seiring turunnya PPKM ke level 3.

"Kami akan mengevaluasi kembali penerapan gage di jalur Puncak-Cianjur karena ini cukup efektif dalam menekan mobilitas kendaraan, terutama di kawasan Puncak-Cipanas yang selama ini rawan macet," kata Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Kemenangan Perdana Bagnaia di MotoGP, Harus Kalahkan Marquez

Situasi lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (12/9/2021) malam.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (12/9/2021) malam.

Memang, lanjut dia, laju kendaraan sempat tersendat di beberapa titik rawan. Tetapi, tidak sampai terjadi macet total.

Apalagi setelah dilakukan rekayasa lalu lintas di titik rawan macet seperti Jalan Raya Pacet, Pasekon, hingga Hanjawar mulai kembali normal.

"Kemungkinan penerapan ganjil genap akan dilakukan, karena selama dua pekan terakhir tidak ada macet total di jalur Puncak. Kami akan koordinasikan dengan atasan dan Pemkab Cianjur. Ganjil genap efektif untuk mengatasi tingginya volume kendaraan saat akhir pekan, " kata Doni.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan hal yang sama terkait penerapan ganjil genap di jalur Puncak.

Baca juga: Pakai Pelat Nomor Palsu buat Akali Ganjil Genap, Ini Ancaman Pidananya

Sejumlah kendaraan terlihat maju perlahan saat melintasi jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/9/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah kendaraan terlihat maju perlahan saat melintasi jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/9/2021).

Menurut dia, aturan ini sangat efektif mengurangi volume kendaraan dari luar kota. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk tetap menerapkan ganjil genap meski masuk ke PPKM level 1.

"Kami menilai, ganjil genap untuk sementara dapat diterapkan kembali, karena efektif menekan mobilitas kendaraan pengunjung ke Cianjur. Nanti setelah dinyatakan nol kasus, kita akan terapkan normal kembali," kata Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com