Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Aman di Rumah

Kompas.com - 12/09/2021, 21:16 WIB
Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil (Shutterstock/r.classen) Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski selalu tertutup, ternyata ruang mesin pada mobil juga bisa terpapar oleh debu dan kotoran. Karenanya, pemilik perlu mengetahui cara membersihkan bagian terkait agar ruang dapur pacu tetap terjaga performanya.

Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, pertama yang harus dilakukan ialah memastikan lokasi pembersihan tidak terkena matahari secara langsung.

Hal itu dilakukan untuk menjaga bagian karet dan plastik pada mesin mobil tak rapuh maupun getas. Sehingga, kinerjanya terus terjaga dalam periode cukup lama.

Baca juga: Pakai Pelat Nomor Palsu buat Akali Ganjil Genap, Ini Ancaman Pidananya

Ilustrasi mencuci mobilDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi mencuci mobil

"Kemudian, pastikan juga mesin mobil dalam kondisi dingin. Jika mobil baru dijalankan, tunggu sekitar 30-45 menit untuk memastikan mesin benar-benar dalam kondisi dingin," kata dia dalam keterangannya, Minggu (12/9/2021).

"Kondisi mesin yang dingin akan mudah untuk membersihkan dan menghindari sisa arus listrik yang tersisa. Salah-salah bisa tersetrum," lanjut Imansyah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sembari menunggu, persiapkan perlengkapan cuci yaitu engine degreaser untuk membersihkan oli yang menempel di mesin, lap plas chamois untuk mengelap kasar pada bagian mesin dan lap microfiber untuk lapisan lembut pada mesin.

Semua perlu diperhatikan, mengingat mesin memiliki karakteristik berbeda di tiap bagiannya.

Selain itu,perlu juga untuk menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti, air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons, sabun khusus mobil.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Perpanjangan STNK 5 Tahunan untuk Mobil

Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.Wikipedia Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.

"Pencucian dengan air mempunyai efek kurang baik terhadap bagian yang mempunyai arus listrik, seperti Aki. Bisa bungkus bagian ini dengan bahan kedap air atau jika ingin lebih aman copot aki untuk mencegah korsleting," kata Imansyah.

Setelah mesin mobil dipastikan dingin Anda bisa mulai proses pembersihan mesin. Pada tahap ini bersihkan debu-debu atau kotoran ringan yang menempel pada permukaan mesin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.