Kompas.com - 12/09/2021, 09:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem rekayasa lalu lintas ganjil genap di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali diperpanjang selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Pembatasan tersebut diberlakukan di ruas Jalan Gandawijaya pada hari Senin-Jumat pukul 08.00 WIB untuk kawasan Cimahi. Sementara di Bandung Barat (KBB), ganjil genap diterapkan di Gerbang Tol Padalarang pada Jumat-Minggu.

“Untuk ganjil genap di Cimahi dan KBB tetap terus dilanjutkan. Apalagi PPKM Level 3 ini diperpanjang oleh pemerintah pusat,” ungkap Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi Iptu Hedi Kusdianto, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga: Video Viral Bonceng Anak Hadap Belakang, Pahami Risikonya

Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.

Penerapan pola ganjil genap di Padalarang sendiri sebagai upaya menekan mobilitas masyarakat terutama yang hendak menuju Kota Bandung dan ke kawasan wisata Lembang.

“Mobilitas masyarakat dari arah Cianjur, Sukabumi, Bogor, Purwakarta itu disaring sejak dari Padalarang. Untuk itu penerapan ganjil genap di Padalarang diterapkan di akhir pekan,” jelasnya.

Pihaknya juga memberlakukan pola ganjil genap di kawasan wisata Lembang. Ganjil genap tersebut diterapkan di Simpang Beatrix untuk membatasi masuknya kendaraan terutama dari luar daerah menuju kawasan Lembang.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon, Bagnaia Pole Position, Rossi Tercecer

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi yang dilakukan, pada libur akhir pekan sebelumnya ada peningkatan volume kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang hingga 30 persen ketimbang di hari biasa.

“Dari hasil evaluasi di Lembang lumayan ampuh menekan mobilitas, karena ada penambahan volume kendaraan sampai 30 persen. Kita tahu sekarang kegiatan masyarakat juga meningkat, tapi kita lakukan upaya ini untuk mengurangi mobilitas masyarakat,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.