Ini Arti Singkatan DP, TDP, ADDM dan ADDB pada Kredit Mobil

Kompas.com - 12/09/2021, 08:41 WIB
Ilustrasi membeli mobil istimewaIlustrasi membeli mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika akan membeli kendaraan seperti sepeda motor atau mobil dengan mencicil, ada sejumlah istilah berupa singkatan yang tercantum dalam simulasi kreditnya.

Ambil contoh seperti singkatan ADDB, ADDM, dan masih banyak lagi. Istilah semacam itu kerap tercantum dalam brosur daftar harga yang disediakan oleh diler.

Maka dari itu, konsumen sebaiknya memahami istilah-istilah dalam transaksi dan skema pembelian kredit ini agar dapat menghindari kesalahpahaman. Berikut penjelasan dari berbagai singkatan tersebut.

Baca juga: Daihatsu Kembangkan Terios, Siap Tampil 17 September 2021

ADDM (Angsuran Dibayar di Muka)

Istilah ADDM pada simulasi kredit merupakan singkatan dari Angsuran Dibayar di Muka. Ini berarti pembeli akan membayarkan cicilan pertama pada sebuah pembelian kendaraan bersamaan dengan uang muka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasyim, Deputi Marketing diler Sumber Baru Mobil Suzuki, menjelaskan bahwa dengan skema ADDM ini, besaran uang yang dibayar di awal akan lebih tinggi. Selain itu jumlah tenor yang disepakati pun berkurang 1 kali.

"Betul dengan ADDM ini berarti perhitungannya angsuran pertama dibayar bersama uang muka. Nantinya tenor akan dikurangi 1. Misal mau kredit mobil dengan tenor 12 bulan, nanti jadinya tinggal 11 bulan," kata Hasyim kepada Kompas.com, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga: Simulasi Kredit Yamaha All New Nmax 155, Cicilan Mulai Rp 1 Jutaan

Ilustrasi aktivitas penjualan di diler SuzukiDok. Suzuki Ilustrasi aktivitas penjualan di diler Suzuki

ADDB (Angsuran Dibayar di Belakang)

Berikutnya ada skema ADDB alias Angsuran Dibayar di Belakang sebagai alternatif pilihan jika simulasi ADDM dirasa memberatkan di awal. Dengan adanya ADDB, pembeli cukup membayarkan uang muka saat awal pembelian.

Hasyim pun menjelaskan, pemilihan skema ADDB berarti konsumen tidak akan mendapatkan pengurangan jumlah tenor. Sebab angsuran pertamanya baru akan dibayarkan pada bulan berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.