Pahami Rumus 3 Detik Keramat Saat di Jalan Tol

Kompas.com - 12/09/2021, 07:41 WIB
Tampak mobil Kompas TV rusak berat akibat tabrakan beruntun dengan sesama mobik rombongan wartawan di Tol Jakarta-Cikampek, Kota Bekasi, Minggu (31/3/2019). Dokumentasi Reporter Kompas TV Cindy PermadiTampak mobil Kompas TV rusak berat akibat tabrakan beruntun dengan sesama mobik rombongan wartawan di Tol Jakarta-Cikampek, Kota Bekasi, Minggu (31/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian tabrakan beruntun memang sering terjadi di jalan tol. Dua penyebab dari kecelakaan beruntun adalah kecepatan yang terlalu tinggi serta kurangnya jaga jarak aman.

Jika sudah memasuki jalan tol, kadang pengemudi memang terlalu bersemangat sehingga kerap memacu kendaraannya.

Akan tetapi ada satu hal yang sering dilupakan, yaitu jaga jarak aman tiga detik dari mobil yang ada di depannya.

Tiga detik ini bukan sembarang angka, ada beberapa hal yang menjelaskan maksud lamanya waktu tersebut.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, tiga detik tersebut merupakan waktu persepsi manusia dan reaksi mekanikal (kendaraan).

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Aragon, Miller Tercepat dan Marquez Terjatuh

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi jaga jarak aman 3 detikivanhumphrey.blogspot Ilustrasi jaga jarak aman 3 detik

“Kebutuhan waktu itu untuk mendapatkan manuver yang kita inginkan seperti menghindar atau mengerem berdasarkan dari wakti persepsi dan reaksi mekanikal,” ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri menjelaskan, waktu persepsi manusia saat lihat kendaraan di depannya mengerem mendadak adalah sekitar 1,5 detik sampai dua detik.

Sedangkan reaksi mekanikal ketika mau menghindar atau mengerem, butuh waktu 0,5 detik sampai 1,5 detik.

Baca juga: Catat Lokasi Penutupan Jalan di Jakarta Saat Crowd Free Night

Jika kedua waktu tadi dijumlahkan, maka totalnya menjadi tiga detik. Cara untuk mengetahui berapa jarak kendaraan di depan dengan kita memakai detik, bisa mematok pada satu obyek seperti pohon atau plang.

Lihat kendaraan di depan melewati patokan tadi, lalu hitung, berapa detik kendaraan kita sampai ke titik tadi. Jika kurang dari tiga detik, maka jarak antara kedua mobil belum aman, jadi bisa perlebar lagi jaraknya.

Truk terguling di jalan tol dalam kota arah cawang, Minggu (12/9/2021)TWITTER/TMCPOLDAMETRO Truk terguling di jalan tol dalam kota arah cawang, Minggu (12/9/2021)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.