Benarkah Cuci Mobil Pakai Hidrolik Bikin Spooring Berubah?

Kompas.com - 12/09/2021, 08:01 WIB
Cuci mobil hidrolik Foto: OLXCuci mobil hidrolik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perawatan yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil yakni mencuci mobil. Dengan mobil yang bersih, pemilik akan lebih percaya diri dalam mengendarai mobil kesayangannya.

Untuk mencuci mobil, pemilik mobil dapat melakukannya sendiri dirumah atau menggunakan jasa cuci mobil.

Sekarang sudah banyak tempat yang menawarkan jasa cuci mobil, salah satunya cuci mobil mengunakan hidrolik.

Baca juga: Simulasi Kredit Yamaha All New Nmax 155, Cicilan Mulai Rp 1 Jutaan

Ketika mencuci mobil di tempat cuci, bisa ditemui hidrolik yang mengangkat mobil ke atas. Dengan begitu, bagian kolong dari mobil bisa ikut dibersihkan, bukan bagian bodi atasnya saja.

Ada berbagai macam cuci hidrolik, salah satunya yakni hidrolik yang mengangkat mobil dengan ban menggantung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun ada sebagian orang yang berpendapat bahwa mencuci mobil menggunakan hidrolik akan membuat spooring mobil berubah.

Cuci mobil hidrolikKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil hidrolik

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, mencuci mobil hidrolik dengan ban yang menggantung tidak mengakibatkan berubahnya spooring ban mobil.

Baca juga: IMI Menolak Ikutan Pusaran Formula E

"Secara teori hal tersebut tidak akan mengubah spooring pada mobil, nanti setelah kendaraan diturunkan dan digunakan akan normal kembali," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Didi mengatakan, hal tersebut juga sama ketika mobil di dongkrak untuk mengganti ban atau melakukan pengecekan saat di bengkel mobil. Akan ada ban yang terangkat pada saat mobil di dongkrak.

cuci mobil hidrolik bisa maksmial bersihkan kotoran di kolong mobil. Stanly/Otomania cuci mobil hidrolik bisa maksmial bersihkan kotoran di kolong mobil.

Setelah selesai di dongkrak dan mobil digunakan kembali, tidak ada perubahan apapun pada spooring mobil. Mobil masih bisa digunakan dalam keadaan normal.

Baca juga: Daihatsu Kembangkan Terios, Siap Tampil 17 September 2021

Selain itu, banyak juga yang mengatakan kalau model hidrolik X ini bisa merusak suspensi karena ban dalam posisi menggantung.

Namun Didi tidak membenarkan hal tersebut, suspensi tetap akan tidak masalah walau kondisi ban menggantung selama diangkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.