PO EPA Star Merilis Empat Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Kompas.com - 09/09/2021, 08:42 WIB
Bus AKAP baru PO EPA Star Instagram/hisyam_2542Bus AKAP baru PO EPA Star

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Eka Permata Agung (PO EPA Star) baru saja merilis empat bus baru dari karoseri Tentrem. Keempat bus ini bisa dibilang spesial, karena menjadi yang pertama memakai inovasi terbaru dari karoseri Tentrem.

Seluruh bus baru ini memakai bodi Avante H7 yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Satu hal yang spesial pada keempat bus ini adalah dipasangnya teknologi Body Traction Stabilizer (BTS).

BTS ini dipasang khusus untuk sasis seperti OH 1626 yang memiliki suspensi udara tipe narrow. Karoseri Tentrem mengklaim dengan memakai BTS, bisa meminimalisir efek limbung yang dari sasis dengan suspensi udara narrow.

Baca juga: Mobil Diesel Diisi Pertalite, Petugas SPBU Kuras Tangki Mobil

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BTS ini juga sudah diuji melewati berbagai tipe jalan, mulai tol, berliku, bahkan bergelombang. Apalagi nantinya bus PO EPA Star ini akan mengisi trayek Tasik-Lubuk Basung, tentu akan bertemu dengan kondisi jalan yang beragam.

Selanjutnya, membahas bagian eksterior, bodi Avante H7 memang unik dibanding keluaran karoseri lain. Bentuk depannya yang terlihat ‘jenong’ berefek pada luasnya pandangan penumpang ke depan, selain itu juga diklaim lebih aerodinamis.

Untuk kelirnya, menggunakan warna khas EPA Star, putih dengan variasi grafis berbagai warna hijau seperti dedaunan. Selain itu, di bagian bando juga tertulis julukan dari keempat bus ini, yaitu Salingka Agam, Piaman Laweh, Tanah Datar, dan Lambah Arau.

Baca juga: Sama-sama Balap Motor, Apa Perbedaan MotoGP dan WorldSBK?


Masuk ke kabin, akan disambut dengan karpet yang memakai bahan motif kayu sehingga menambah kemewahan. Selain itu, terpasang juga sekat yang memisahkan kabin pengemudi dan penumpang.

Di dalam kabinnya, tersedia 32 bangku buatan Hai Rimba Kencana yang dengan sandaran kaki (leg rest). Tersedia juga toilet yang ditempatkan di belakang kabin sisi kiri, sehingga bisa digunakan selama perjalanan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.