Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PO EPA Star Merilis Empat Bus Baru dari Karoseri Tentrem

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Eka Permata Agung (PO EPA Star) baru saja merilis empat bus baru dari karoseri Tentrem. Keempat bus ini bisa dibilang spesial, karena menjadi yang pertama memakai inovasi terbaru dari karoseri Tentrem.

Seluruh bus baru ini memakai bodi Avante H7 yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Satu hal yang spesial pada keempat bus ini adalah dipasangnya teknologi Body Traction Stabilizer (BTS).

BTS ini dipasang khusus untuk sasis seperti OH 1626 yang memiliki suspensi udara tipe narrow. Karoseri Tentrem mengklaim dengan memakai BTS, bisa meminimalisir efek limbung yang dari sasis dengan suspensi udara narrow.

BTS ini juga sudah diuji melewati berbagai tipe jalan, mulai tol, berliku, bahkan bergelombang. Apalagi nantinya bus PO EPA Star ini akan mengisi trayek Tasik-Lubuk Basung, tentu akan bertemu dengan kondisi jalan yang beragam.

Selanjutnya, membahas bagian eksterior, bodi Avante H7 memang unik dibanding keluaran karoseri lain. Bentuk depannya yang terlihat ‘jenong’ berefek pada luasnya pandangan penumpang ke depan, selain itu juga diklaim lebih aerodinamis.

Untuk kelirnya, menggunakan warna khas EPA Star, putih dengan variasi grafis berbagai warna hijau seperti dedaunan. Selain itu, di bagian bando juga tertulis julukan dari keempat bus ini, yaitu Salingka Agam, Piaman Laweh, Tanah Datar, dan Lambah Arau.

Masuk ke kabin, akan disambut dengan karpet yang memakai bahan motif kayu sehingga menambah kemewahan. Selain itu, terpasang juga sekat yang memisahkan kabin pengemudi dan penumpang.

Di dalam kabinnya, tersedia 32 bangku buatan Hai Rimba Kencana yang dengan sandaran kaki (leg rest). Tersedia juga toilet yang ditempatkan di belakang kabin sisi kiri, sehingga bisa digunakan selama perjalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/09/084200715/po-epa-star-merilis-empat-bus-baru-dari-karoseri-tentrem

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke