Sama-sama Balap Motor, Apa Perbedaan MotoGP dan WorldSBK?

Kompas.com - 08/09/2021, 10:42 WIB
MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARMotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika, Lombok, dijadwalkan segera rampung tidak lama lagi. Sebab, Sirkuit Mandalika sudah masuk jadwal penyelenggara atau menjadi tuan rumah untuk World Superbike (WorldSBK) pada November 2021.

Setelah WorldSBK, tahun depan sirkuit ini juga akan menggelar MotoGP. Tak hanya menggelar balapannya saja, tapi sebelumnya juga akan dijadikan lokasi untuk sesi tes pra-musim.

Baca juga: Jadwal MotoGP Aragon 2021, Menanti Debut Vinales Bersama Aprilia

Untuk MotoGP, mungkin sudah banyak masyarakat yang mengetahuinya. Namun, untuk WorldSBK masih kurang populer, karena tidak ditayangkan di stasiun TV nasional.

Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit MandalikaDok. Worldsbk.com Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika

Agar tidak salah atau bingung saat menontonnya di layar kaca atau saat menonton langsung, perlu mengetahui beberapa perbedaan antara MotoGP dengan WorldSBK.

Mengutip Bikesrepublic.com dan Redbull.com, ada beberapa perbedaan antara MotoGP dan WSBK:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal WorldSBK, Biar Enggak Bingung Saat Nonton di Sirkuit Mandalika

Motor
Dari motor yang digunakan, MotoGP mengandalkan motor balap prototype. Artinya, motor tersebut memang diciptakan untuk kebutuhan balapan saja. Alasan ini juga membuat banyak pabrikan motor dunia melakukan serangkaian inovasi dan perkembangan teknologi untuk produk masa depan.

Sedangkan WorldSBK, motor yang digunakan adalah motor produksi massal. Artinya, motor yang digunakan untuk balapan juga dijual secara umum. Tapi, tentunya mengalami penyesuaian atau ubahan khusus untuk balap.

Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit MandalikaDok. Worldsbk.com Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika

Budget
Secara budget, MotoGP lebih menguras biaya dibandingkan dengan WorldSBK. Di MotoGP tim dapat membelanjakan sebanyak yang mereka suka untuk motor, pengujian, peralatan, staf, dan lainnya.

Sedangkan untuk WorldSBK, pengeluaran tim untuk motor, pebalap, riset dan pengembangan, semuanya terbatas. Maka itu, banyak pabrikan motor yang bersaing di kejuaraan ini.

Livery baru YZR-M1 MotoGP, tagline Semakin di Depan diganti Blue Core.Yamaha MotoGP Livery baru YZR-M1 MotoGP, tagline Semakin di Depan diganti Blue Core.

Konstruksi
Baik MotoGP maupun WorldSBK, kedua kejuaraan balap ini harus mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan oleh FIM dan Dorna Sports. Regulasinya dibuat sedemikian rupa agar persaingannya bisa seadil mungkin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.