Viral, Video Debt Collector Bawa Kabur Motor Driver Ojol

Kompas.com - 07/09/2021, 18:01 WIB
Debt collector rampas motor driver ojol di kebon jeruk instagram.com/updateinfojakartaDebt collector rampas motor driver ojol di kebon jeruk


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan driver ojol mempertahankan sepeda motornya yang dirampas oleh debt collector di Jalan Meruya Ilir, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Video itu diunggah oleh akun instagram @updateinfojakarta. Dalam rekaman tersebut, terlihat pemilik sepeda motor dan beberapa warga berusaha untuk menangkap debt collector yang merapas motor tersebut.

Kejadian bermula saat driver ojol dihadang oleh dua orang debt collector di depan kantor pos (Kebon Jeruk). Kemudian driver ojol tersebut diminta oleh dua orang debt collector untuk ikut ke kantor dan membeli materai.

Saat driver ojol membeli materai, tiba-tiba motornya dibawa kabur oleh salah seorang debt collector.

Baca juga: Jarvis Kritik Vinales: Sebut Pebalap Jangan Banyak Mengeluh

Beberapa warga di sekitar tempat kejadian merasa kesal lantaran penagih utang itu merampas motor milik salah satu driver ojol (ojek online) yang sedang bekerja. Aksi rebut paksa motor terjadi begitu menegangkan, bahkan driver ojol yang merupakan pemilik motor sampai terseret-seret di jalan.

Mengingat kejadian seperti ini kerap kali terjadi, sebaiknya pemilik kendaraan harus paham bagaimana jika tiba-tiba ada debt collector yang datang untuk mengambil atau menyita kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by updateinfojakarta (@updateinfojakarta)

Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YKLI) Tulus Abadi mengatakan, aturan soal debt collector saat ini lebih ketat.

Debt collector tetap boleh, asal mengikuti aturan-aturan yang sudah ditentukan, tidak sembarangan. Misalnya untuk cara dan jam telepon saja itu ada ketentuannya,” ujar Tulus belum lama ini kepada Kompas.com.

Tulus menambahkan, bila debt collector ingin menarik kendaraan maka ada syarat yang harus dipenuhi, yakni wajib membawa surat fidusia dari pengadilan.

“Ketika mendatangi konsumen, juru tagihnya membawa atau tidak surat sita fidusia dari pengadilan? Karena konsumen dianggap bakal bayar, boleh diambil motor atau mobilnya tetapi harus seizin pengadilan, tidak boleh sembarangan,” kata Tulus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.