Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Putar Balik yang Aman supaya Jangan Tertabrak Kendaraan Lain

Kompas.com - 01/09/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Area putar balik di jalan raya kadang membuat para pengguna jalan kesal. Biasanya, ada saja pengendara motor yang terlalu melebar sehingga menutup lajur kendaraan dari arah berlawanan.

Melakukan manuver putar balik yang tidak melebar memang perlu perhitungan, keseimbangan, dan keahlian. Untuk para pemula, mungkin memang lebih nyaman untuk sedikit melebar, tetapi bisa berbahaya karena rawan tertabrak kendaraan lain.

Lalu, bagaimana caranya agar putar balik tidak terlalu melebar dan mengganggu lalu lintas?

Baca juga: Ada Pelat Nomor Kendaraan Warna Hijau, Sudah Tahu Fungsi dan Artinya?

Motor putar balik dan melebarINSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIA Motor putar balik dan melebar

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tips pertama yang harus diketahui pengendara adalah harus bisa mengendalikan keseimbangan dan membuka gas dengan tepat.

“Dengan begitu, lingkaran saat putar balik jadi tidak melebar. Motor juga harus agak miring ke dalam dan postur badan keluar (seperti naik motor cross) sehingga keseimbangan motor dapat terjaga,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Tiba di Indonesia, Intip Spesifikasi Jeep Wrangler dan Gladiator 2021

Langkah selanjutnya adalah membuka gas secara perlahan saat akan lepas dari putaran. Hal ini dilakukan agar ban depan tidak selip yang nantinya bisa membuat pengendara kehilangan keseimbangannya.

“Terakhir, gunakan rem belakang untuk mengontrol keseimbangan motor. Jika menggunakan rem depan, kemungkinan ban depan akan mengunci sehingga tergelincir karena posisi motor yang tidak lurus,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.