Modal Rp 150 Jutaan, Pilih Mobilio Bekas atau Daihatsu Sigra Baru?

Kompas.com - 17/08/2021, 07:22 WIB
Honda Mobilio DOK. HONDA PROSPECT MOTORHonda Mobilio

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluarga dengan kabin yang lapang saat ini memang masih jadi idola konsumen di Indonesia. Namun, beragam kekuatan ekonomi masyarakat menciptakan alternatif bagi pembeli mobil, apakah mengejar status baru atau bekas sebagai pilihan.

Misalnya, dengan dana Rp 150 juta dan hendak mencari mobil keluarga berkonfigurasi 7-penumpang, setidaknya ada dua pilihan di pasar. Pertama, Daihatsu Sigra dengan status baru dari diler atau kedua, lebih menurunkan ego dengan memilih Honda Mobilio bekas.

Keduanya, tentu saja tidak apple-to-apple kalau dibandingkan secara fitur, segmen, atau spesifikasi apapun. Tapi bicara harga, perbedaan status baru dan bekas, membuat keduanya saling beririsan. Menjadi pilihan konsumen yang mau punya mobil keluarga.

Dengan dana Rp 150 jutaan, Anda bisa mendapatkan Honda Mobilio bekas tahun 2016. Namun dengan budget yang sama, calon pembeli sudah bisa mendapatkan Daihatsu Sigra baru tipe R M/T DLX seharga Rp 150,6 juta.

Ada baiknya, jika calon pembeli simak terlebih dahulu spesifikasinya sebelum menentukan pilihan.

Baca juga: Begini Cara Bersihkan Mobil Usai Kena Hujan Abu Vulkanik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daihatsu SigraADM Daihatsu Sigra

Dari segi dimensi, Honda mobilio memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 4.386 x 1.683 x 1.603 mm (PxLxT). Sementara, Daihatsu Sigra memiliki ukuran sedikit lebih kecil, yakni, 4.070 x 1.655 x 1.600 mm. Kondisi ini tentunya merupakan keunggulan bagi Mobilio, sebab memiliki kabin yang lebih lapang.

Dari segi perfoma, Honda Mobilio pun lebih unggul dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, sementara Daihatsu Sigra memiliki kubikasi mesin yang lebih kecil yakni 1.000 cc dan 1.200 cc.

Baik Daihatsu Sigra maupun Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag sudah standar, kemudian Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Sementara untuk eksterior adalah soal selera konsumen, bagi Anda yang menginginkan tampilan elegan bisa meminang Honda Mobilio. Sementara, jika menginginkan tampilan yang lebih sporty bisa memilih Daihatsu Sigra.

Baca juga: Punya Dana Rp 500 Juta, Lebih Baik Beli Toyota Voxy Baru atau Alphard Bekas?

Daihatsu Sigra dilengkapi sensor parkir (sonar belakang) pada semuavarian.Setyo Adi/KompasOtomotif Daihatsu Sigra dilengkapi sensor parkir (sonar belakang) pada semuavarian.

Tapi, membeli Daihatsu Sigra baru tentu konsumen tidak akan dipusingkan dengan adanya biaya tambahan untuk membeli suku cadang. Praktis, hanya urusan bensin dan perawatan berkala saja. Belum lagi, status mobil baru akan lebih mudah mendapatkan perlindungan asuransi, sehingga jauh lebih minim pengeluaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.