Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Terjun ke Sepeda Listrik, Bagaimana Penjualan e-Bike Viar?

Kompas.com - 16/08/2021, 18:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pertengahan tahun lalu, di tengah pandemi Covid-19, Viar Motor Indonesia melebarkan sayap dengan terjun di segmen sepeda listrik atau e-Bike.

Selama setahun ada lima model sepeda listrik yang diluncurkan, yaitu Akasha dan Uno pada Agustus 2020, Panama pada September, kemudian Orion pada Desember, dan Caraka pada Januari 2021.

Baca juga: Stok Toyota Rush TRD Sportivo Masih Ada, Diskon Rp 8 Juta

Viar CarakaFoto: Viar Viar Caraka

Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia mengatakan, penerimaan sepeda listrik di masyarakat cukup baik. Permintaannya sempat tinggi mesti turun lagi ketika PPKM.

"Justru ini selama pandemi baggus, kecuali PPKM sebab PPKM sampai tanggal 16 Agustus 2021 tidak bisa apa-apa. Kalau dihitung sebelum PPKM kontribusinya bagus dan permintaan lebih tinggi," kata Frengky kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Meski demikian Frengky enggan menyebut sudah berapa penjualan e-Bike Viar selama ini. Dia hanya menyebut penjualan sepeda listrik cukup bagus selama masa pandemi.

Baca juga: Mengenal Skutik Serba Kotak Yamaha Qbix

Viar OrionFoto: Istimewa Viar Orion

Saat ini merek asal Indonesia tersebut masih fokus pada kendaraan niaga yang secara permintaan paling besar. Kemudian baru disusul oleh motor listrik.

"Untuk saat ini kita memang masih fokus roda tiga atau kita sebut kendaraan niaga, karena memang itu permintaannya tetap ada dan tidak terlalu terganggu," kata Frengky

"Di (segmen) motor listrik, kita sudah kerjasama dengan Grab, sedangkan untuk roda dua konvensional yang agak kurang bagus (menurun)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com