Belajar Naik Motor Tak Bisa Asal, Jangan Sampai Menabrak Pagar

Kompas.com - 13/08/2021, 18:34 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Belajar mengendarai sepeda motor tidak bisa sembarangan. Seseorang mesti tahu dasar-dasar berkendara dan apa yang harus dilakukan agar dapat menguasai motor.

Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram Lambe Onlen, terlihat pengendara pemula yang asal tarik gas sehingga menabrak dan kemudian motornya tersangkut di pagar.

Baca juga: Jadi Motor Klasik, Harga Honda Monkey Z50 Tembus Ratusan Juta Rupiah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lambe Onlen (@lambeonlen)

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, buat yang ingin belajar mengendarai motor hal yang pertama dilakukan adalah memahami tentang komponen motor itu sendiri.

"Pertama harus tahu dulu komponen kendaraan seperti sistem atau panel kendaraan, sistem pengereman dan lain sebagainya," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kompetisi Safety Riding dalam Safety Japan Instructor Competition diselenggarakan Honda di Sirkuit Suzuka, Jepang pada 3-4 Oktober 2019Kompas.com/Setyo Adi Kompetisi Safety Riding dalam Safety Japan Instructor Competition diselenggarakan Honda di Sirkuit Suzuka, Jepang pada 3-4 Oktober 2019

Setelah itu kata Agus, pengendara juga harus belajar tentang keseimbangan. Kemudian melakukan latihan buka tutup gas. Hal ini penting karena pemula sering salah saat buka gas.

"Di kami, untuk para beginner biasanya dilatih dulu untuk cara mendorong motor sebelum membawa motor secara langsung. Kebanyakan orang yang baru bisa sepeda motor tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan standar motor dan cara mendorong motor yang aman," katanya

Agus mengatakan untuk belajar tidak masalah pakai skutik. Tapi baiknya juga belajar motor manual atau motor dengan kopling, agar menguasai yang lain.

Baca juga: Polisi Undur Dispensasi Perpanjangan SIM hingga 23 Agustus 2021

Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia TenggaraIstimewa Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia Tenggara

"Pada saat nantinya orang tersebut menggunakan motor manual, pengendara akan terasa kagok pada saat perpindahan gigi," katanya.

Kemudian usahakan juga pada saat belajar dilakukan di lapangan tertutup. Artinya lapangan yang bukan merupakan jalur umum dan aman secara kondisi jalan.

Selain itu pilih lokasi yang tidak berpasir dan tidak berbatu. Sebab kebanyakan pemula yang baru belajar kerap menekan tuas rem terlalu keras sehingga mudah terpeleset.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.