Gaya Balap Marquez Dianggap Agresif, Bakal Dapat Peringatan

Kompas.com - 13/08/2021, 14:01 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP) JOE KLAMARMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro sempat bersitegang dengan Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring. Menurutnya, pebalap Repsol Honda Team tersebut sangat agresif.

Marquez menyerempet Aleix pada balapan pertama saat masuk tikungan pertama hingga membuat pebalap Aprilia tersebut melebar ke luar trek. Pada balapan kedua, Marquez melakukan hal yang sama lagi pada tikungan yang sama.

Baca juga: Adu Mulut Marc Marquez dan Aleix Espargaro di GP Styria

Aleix sendiri tidak terlalu ambil pusing dengan gaya balap Marquez tersebut. Dia mengetahui bahwa Marquez memang seperti itu sejak lama.

Aleix Espargaro saat sesi tes Qatar pada MotoGP 2021Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat sesi tes Qatar pada MotoGP 2021

Pebalap Aprilia tersebut justru mempertanyakan tugas dari Race Director dan MotoGP Stewards. Sebab, Marquez sama sekali tidak mendapatkan teguran saat itu. Menurutnya, jika dibiarkan seperti itu, bisa saja berikutnya terjadi kecelakaan.

Untuk itu, Race Director memperkenalkan pesan baru yang akan dikirim ke dasbor tiap motor pebalap. Pesan tersebut berkaitan dengan gaya balap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Marquez Tampil Agresif, Balapan Dijadikan Sesi Tes

"Ada saat di mana pebalap mungkin melakukan sesuatu yang kita tidak suka, tapi masih dalam batas dan bisa jadi salah penilaian atau kesalahan. Namun, jika mereka mengulangi perlikau itu terbukti itu bukan keduanya, maka akan dikenakan penalti," ujar Race Director Mike Webb, dikutip dari MotoGP.com, Jumat (13/8/2021).

Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Webb menambahkan, Stewards Panel menginginkan sinyal peringatan untuk menegur pebalap dan tindakannya itu diperhatikan. Jika terjadi lagi, maka akan dikenakan penalti.

"Jadi, ada tampilan baru di dasbor yang disebut 'Warning' dan ini khusus untuk perilaku pebalap," kata Webb.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.