Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Balap Marquez Dianggap Agresif, Bakal Dapat Peringatan

Kompas.com - 13/08/2021, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro sempat bersitegang dengan Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring. Menurutnya, pebalap Repsol Honda Team tersebut sangat agresif.

Marquez menyerempet Aleix pada balapan pertama saat masuk tikungan pertama hingga membuat pebalap Aprilia tersebut melebar ke luar trek. Pada balapan kedua, Marquez melakukan hal yang sama lagi pada tikungan yang sama.

Baca juga: Adu Mulut Marc Marquez dan Aleix Espargaro di GP Styria

Aleix sendiri tidak terlalu ambil pusing dengan gaya balap Marquez tersebut. Dia mengetahui bahwa Marquez memang seperti itu sejak lama.

Aleix Espargaro saat sesi tes Qatar pada MotoGP 2021Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat sesi tes Qatar pada MotoGP 2021

Pebalap Aprilia tersebut justru mempertanyakan tugas dari Race Director dan MotoGP Stewards. Sebab, Marquez sama sekali tidak mendapatkan teguran saat itu. Menurutnya, jika dibiarkan seperti itu, bisa saja berikutnya terjadi kecelakaan.

Untuk itu, Race Director memperkenalkan pesan baru yang akan dikirim ke dasbor tiap motor pebalap. Pesan tersebut berkaitan dengan gaya balap.

Baca juga: Marquez Tampil Agresif, Balapan Dijadikan Sesi Tes

"Ada saat di mana pebalap mungkin melakukan sesuatu yang kita tidak suka, tapi masih dalam batas dan bisa jadi salah penilaian atau kesalahan. Namun, jika mereka mengulangi perlikau itu terbukti itu bukan keduanya, maka akan dikenakan penalti," ujar Race Director Mike Webb, dikutip dari MotoGP.com, Jumat (13/8/2021).

Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Webb menambahkan, Stewards Panel menginginkan sinyal peringatan untuk menegur pebalap dan tindakannya itu diperhatikan. Jika terjadi lagi, maka akan dikenakan penalti.

"Jadi, ada tampilan baru di dasbor yang disebut 'Warning' dan ini khusus untuk perilaku pebalap," kata Webb.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com