Kasus Wearpack Quartararo, MotoGP Tambah Pesan di Dasbor Motor

Kompas.com - 13/08/2021, 16:21 WIB
Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). MOTOGPRider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap motor balap MotoGP, memiliki layar TFT pada bagian dasbor yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya digunakan untuk mengirim pesan ke pebalap.

Pesan yang dikirim bisa dari tim atau dari Race Director. Ada beberapa pesan atau kode yang bisa dikirim ke layar tersebut agar bisa dibaca dan dipahami para pebalap.

Dikutip dari MotoGP.com, Jumat (13/8/2021), pekan ini, MotoGP akan menyematkan dua pesan terbaru. Dua pesan ini muncul sebagai respons dari dua insiden yang terjadi belakangan ini.

Baca juga: Perang Mental, Marc Marquez Sebut Quartararo Tak Akan Juara Dunia

Pesan pertama berhubungan dengan perlengkapan pebalap, seperti baju balap atau wearpack, sarung tangan, sepatu balap, helm, dan lainnya. Pesan kedua, berkaitan dengan gaya balap.

Fabio Quartararo saat sesi latihan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Fabio Quartararo saat sesi latihan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

Race Director Mike Webb, mengatakan, pada MotoGP Catalunya terjadi sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Wearpack tidak berfungsi dengan benar dan pebalap perlu diberi tahu untuk membenarkannya.

Saat itu, wearpack yang digunakan Fabio Quartararo terbuka. Pebalap Yamaha tersebut hingga terpaksa membuang pelindung dadanya yang mengganggu karena wearpack terbuka.

Membalap tanpa pelindung jelas menyalahi aturan. Sehingga, Quartararo dikenakan penalti setelah insiden tersebut.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021, Martin Juara, Quartararo Masih Teratas

"Tidak ada sinyal yang tepat, kami punya sinyal tentang kegagalan pada motor, sinyal tentang diskualifikasi dan hal-hal seperti itu, tapi kami puutuskan setelah insiden ini bahwa kami butuh sinyal spesifik tentang perlengkapan pebalap," ujar Webb.

Fabio Quartararo di Sirkuit AssenTWITTER/@FABIOQ20 Fabio Quartararo di Sirkuit Assen

Menurut Webb, hal tersebut berbeda dengan kegagalan pada motor, di mana motor bisa terjadi kebocoran oli atau cairan lainnya dan perlu untuk segera keluar dari trek.

Untuk masalah perlengkapan pebalap, atau suatu masalah yang tidak mendesak tapi perlu diperbaiki, maka situasinya berbeda.

"Jadi, kami punya sinyal baru di dasbor, yang menunjukkan 'Equipment' pada dasbor pebalap dan maksudnya sudah dijelaskan pada pebalap dan tim, bahwa ada masalah dengan perlengkapan Anda dan Anda dibutuhkan untuk memperbaikinya secepatnya," kata Webb.

Webb mengatakan, untuk membenarkan perlengkapan tersebut, tidak masalah jika pebalap harus masuk ke pit atau bahkan saat sedang balapan. Tapi, yang jelas harus segera diperbaiki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.