Ada Yaris Ditarik Pakai Tambang, Begini Teknik Menanjak buat Mobil FWD

Kompas.com - 13/08/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi Yaris ditarik pakai tambang Screenshot Instagram indra_fathanIlustrasi Yaris ditarik pakai tambang

JAKARTA, KOMPAS.comMobil dengan penggerak depan (FWD) mayoritas lebih sulit untuk menghadapi tanjakan curam dibandingkan mobil penggerak belakang (RWD). Meski begitu, bukan berarti mobil penggerak depan tidak sanggup melewati jalur menanjak.

Seperti kejadian yang belum lama ini ramai di media sosial, yakni video Toyota Yaris sedang melewati jalan yang menanjak di area perbukitan yang cukup curam dan berliku.

Uniknya, Yaris ditarik oleh 6 orang menggunakan tali tambang. Tidak diketahui dengan jelas apakah mobil tersebut sempat gagal nanjak atau tidak.

Baca juga: Video Viral, Mobil Ganti Pelat Nomor Palsu Saat Isi Bensin

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indra Radian Fathan (@indra_fathan)

Namun, dalam video yang viral itu terlihat bahwa Yaris cukup terbantu dengan adanya orang-orang yang menarik.

Menanggapi hal ini, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, mobil penggerak roda depan lebih rawan selip jika melewati tanjakan yang licin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada cara tersendiri ketika ingin membawa kendaraan penggerak roda depan melewati rintangan tanjakan yang licin.

Baca juga: Siap-siap, Warna Dasar Pelat Nomor Kendaraan Akan Diganti Jadi Putih

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

“Jangan menekan gas terlalu dalam karena penggerak roda depan itu lebih mudah kehilangan cengkeraman. Kalau ban mobil sudah selip, kendaraan akan merosot ketika di tanjakan, atau diam di tempat,” ucap Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, mobil penggerak depan harus memperhatikan kondisi jalan ketika ingin melewati tanjakan dengan lancar.

“Lihat sekeliling jalan dan kondisinya seperti apa. Agar akselerasi ketika melewati jalan tersebut tidak berlebihan," ujar Sony.

Baca juga: Syarat Perjalanan Naik Bus AKAP Selama PPKM Level 2, 3, dan 4

Ilustrasi DFSK Glory 580 saat melewati jalur menanjak.DOK. DFSK Ilustrasi DFSK Glory 580 saat melewati jalur menanjak.

Cara mengeceknya tidak perlu keluar dari mobil, secara visual saja. Pengemudi bisa keluar jika medannya dianggap cukup ekstrem, memastikan kendaraannya bisa lewat atau tidak.

"Kalau ingin melewati tanjakan, bisa pakai cara mengemudi yang halus dan gunakan momentum. Jika terjadi selip, kurangi gas sampai ban kembali mencengkram dan tekan gas perlahan," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.