Jadi Motor Klasik, Harga Honda Monkey Z50 Tembus Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 13/08/2021, 10:02 WIB
Honda Monkey Z50 Foto: KOMPAS.com/GilangHonda Monkey Z50

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Monkey terbaru sudah meluncur di Indonesia. Mengusung mesin 125cc dan dibekali transmisi 5-percepatan menggantikan versi 4-percepatan.

Meski versi barunya sudah meluncur, tapi tetap banyak yang mencari Monkey versi lama yaitu Monkey Z50. Padahal motor mungil tersebut sudah setop produksi dari tahun 2017.

Karena itu harga Monkey Z50 pun terus meroket, terutama kondisi baru dan edisi terakhir. Jika ada yang jual maka harganya kini bisa tembus ratusan juta rupiah.

Baca juga: Cara Cek Motor Sendiri Sebelum Hubungi Bengkel Resmi

Honda Monkey Z50Foto: KOMPAS.com/Gilang Honda Monkey Z50

Michael Sofyan, pemilik Hobby Motor, importir motor CBU di Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, mengatakan, harga Monkey Z50 makin mahal jika bersurat lengkap alias full paper

"Monkey Z50 terakhir 2017. Saya terakhir jual itu tahun 2019 saja sudah Rp 120 juta kondisi baru full paper. Sekarang yang Banana (warna kuning) itu pedagang sudah berani Rp 160 juta," kata Michael kepada Kompas.com, Kamis (12/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apalagi jika versi-versi khusus seperti Monkey Z50 Kumamon. Harganya kata Michael jauh di atas itu karena unitnya sendiri edisi khusus dan dibuat terbatas.

"Kalau Honda kalau bilang disqontinue pasti benar disqontinue dan lanjut ke Z125. Mahal bisa dibilang itu lebih ke nilai historinya, Z50 kan yang pertama kali dibikin. Kalau tidak salah berhenti karena masalah Euro5, kan dia mesin lama," katanya. 

Baca juga: Dampak Parkir Mobil di Bidang Jalan yang Miring

Honda Monkey Z50Foto: RMD Motors Honda Monkey Z50

"Kemudian karena barangnya sudah setop produksi jadilah digoreng-goreng. Kolektor ya sudah mereka harus berani ambil harga tinggi kalau mau dapat. Karena barunya tidak ada, dan makin lama makin tinggi," katanya.

Michael mengatakan, karena sudah ada Monkey Z125, maka versi yang 50cc jadi motor klasik. Selain itu statusnya sebagai "motor mainan" juga mendongkrak harga jualnya.

"Semua kustomer saya tidak ada yang mau jual dan tidak ada yang mau pakai. Jadi mereka pertahankan kilometer rendah. Dijaga kondisinya sebaik mungkin. Baru dua tahun (2019-2021) harga sudah naik Rp 40 juta," katanya. 

Sejarah Honda Monkey dimulai pada 1961 dengan kode Z100. Tetapi kemudian pada 1967 mesin diperkecil menjadi 50cc dengan kode Z50 yang kemudian jamak disebut Honda Monkey.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.