Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar Naik Motor Tak Bisa Asal, Jangan Sampai Menabrak Pagar

JAKARTA, KOMPAS.com - Belajar mengendarai sepeda motor tidak bisa sembarangan. Seseorang mesti tahu dasar-dasar berkendara dan apa yang harus dilakukan agar dapat menguasai motor.

Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram Lambe Onlen, terlihat pengendara pemula yang asal tarik gas sehingga menabrak dan kemudian motornya tersangkut di pagar.

"Pertama harus tahu dulu komponen kendaraan seperti sistem atau panel kendaraan, sistem pengereman dan lain sebagainya," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Setelah itu kata Agus, pengendara juga harus belajar tentang keseimbangan. Kemudian melakukan latihan buka tutup gas. Hal ini penting karena pemula sering salah saat buka gas.

"Di kami, untuk para beginner biasanya dilatih dulu untuk cara mendorong motor sebelum membawa motor secara langsung. Kebanyakan orang yang baru bisa sepeda motor tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan standar motor dan cara mendorong motor yang aman," katanya

Agus mengatakan untuk belajar tidak masalah pakai skutik. Tapi baiknya juga belajar motor manual atau motor dengan kopling, agar menguasai yang lain.

"Pada saat nantinya orang tersebut menggunakan motor manual, pengendara akan terasa kagok pada saat perpindahan gigi," katanya.

Kemudian usahakan juga pada saat belajar dilakukan di lapangan tertutup. Artinya lapangan yang bukan merupakan jalur umum dan aman secara kondisi jalan.

Selain itu pilih lokasi yang tidak berpasir dan tidak berbatu. Sebab kebanyakan pemula yang baru belajar kerap menekan tuas rem terlalu keras sehingga mudah terpeleset.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/13/183414215/belajar-naik-motor-tak-bisa-asal-jangan-sampai-menabrak-pagar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke