Ubah Royal Enfield Continental GT Jadi Motor Listrik

Kompas.com - 10/08/2021, 10:02 WIB
Royal Enfield Continental GT bertenaga listrik Dok. SaiettaRoyal Enfield Continental GT bertenaga listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield Continental GT merupakan salah satu sepeda motor yang paling sering dijadikan bahan untuk motor custom. Namun, ada juga yang mengonversinya menjadi motor listrik.

Salah satunya adalah Saietta Group. Perusahaan yang bermarkas di Inggris ini memang spesialisasi di bidang pengembangan sistem kelistrikan untuk kendaraan listrik.

Baca juga: Project RE, Continental GT 650 dengan Cita Rasa Baru

Dikutip dari Rushlane.com, Senin (9/8/2021), Saietta Group mengubah dapur pacu Continental GT dengan motor listrik. Mesin satu silinder berkapasitas 650 cc tersebut diganti seutuhnya.

Royal Enfield Continental GT bertenaga listrikDok. Saietta Royal Enfield Continental GT bertenaga listrik

Hanya bagian mesinnya saja yang berubah. Jika diperhatikan, bagian lain tetap dipertahankan seperti aslinya. Sasisnya juga terlihat tetap menggunakan model double cradle.

Bahkan, untuk penerus tenaga dari motor listrik ke bagian roda, Saietta Group juga mempertahankan rantai. Pada umumnya, motor listrik menggunakan belt untuk membuat putaran lebih ringan dan suara lebih senyap.

Baca juga: Royal Enfield Continental GT Cafe Racer, Minimalis Tapi Sangar

Saietta Group mengatakan, motor listrik dengan Axial Flux Technology (AFT) tersebut diklaim lebih efisien penggunaan dayanya, lebih ringan, lebih kompak, dan lebih luas pengaplikasiannya pada kendaraan.

Royal Enfield Continental GT bertenaga listrikDok. Saietta Royal Enfield Continental GT bertenaga listrik

Sayangnya, Saietta Group belum mengumumkan detail spesifikasi yang digunakan pada Continental GT elektrik tersebut. Selain itu, soal ketersediaan produk dan unitnya juga belum diumumkan.

Namun, diyakini Saietta Group akan segera meluncurkannya ke pasaran. Jadi, akan ada lebih banyak lagi motor listrik hasil konversi dari motor bermesin konvensional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.