Perbandingan Fitur SUV Murah Toyota Rush dan Toyota Raize

Kompas.com - 27/07/2021, 17:29 WIB
Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense Kompas.com/Setyo AdiToyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Toyota Raize sebagai sport utility vehicle (SUV) kompak dan harga terjangkau di dalam negeri membuat kesan tersendiri untuk para pecintanya.

Sebab, mobil memiliki keterjangkauan sebagai kendaraan keluarga tapi masih dinamis dan mumpuni untuk menaklukkan beragam medan jalan. Apalagi, Raize sudah menggunakan platform baru yakni TNGA.

Lantas bila dibandingkan SUV murah di merek yang sama, yaitu Toyota Rush, seberapa unggul Raize?

Baca juga: Selama PPKM Darurat Volume Lalu Lintas di Tol Turun 40 Persen

Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety SenseKompas.com/Setyo Adi Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense

Dari sisi desain, mobil memiliki karakteristik berbeda di mana Rush lebih menonjolkan kegagahan dan kedinamisan laiknya SUV. Sementara Raize mengedepankan sisi sporty serta modern.

Perbedaan dasar tersebut membuat beberapa fitur yang disematkan di kedua mobil juga berbeda. Sebagai contoh pada fitur assistance control, Rush lebih lengkap dari Raize yang hanya memiliki Hill Start Assist.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga untuk melaju di jalanan terjal dan berliku, pengemudi lebih mudah menggunakan Rush.

Tetapi, bukan berarti Raize tidak mampu melewatinya hanya saja pengemudi butuh usaha lebih.

Baca juga: Pilihan SUV Rp 70 Jutaan di Semarang, Ada CR-V dan Nissan Terrano

-- -

Kemudian, untuk fitur pelindung diri berupa airbag, Rush memiliki 6 buah yang tersebar hingga hampir ke seluruh penumpang. Sedangkan Raize hanya ada di bagian pengemudi dan penumpang depan saja.

Adapun fitur keamanan lainnya berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Smart Entry, serta Alarm hadir di keduanya.

Meski begitu, jika berbicara fitur hiburan Raize terbilang unggul mulai dari audio, layar hiburan di tengah (berukuran 8 inci, kalau Rush 7 inci), hingga pilihan tampilan yang beragam.

Baca juga: Buang Kebiasaan Lama, Cek Tekanan Udara Ban Ditekan Pakai Jari Tangan

toyota rushArif Nugrahadi toyota rush

Tak sampai di sana, mobil juga sudah disematkan advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta konektivitas mudah dengan smart device T-Link dan ada fitur Personal Reminder.

Fitur ini bisa dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Jadi bisa ditarik simpulan bahwa Rush memiliki fitur keamanan aktif dan pasif yang lebih banyak, tapi masalah hiburan Raize mampu mengunggulinya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.