Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galang Hendra Termotivasi Raih Poin di Kandang Tim Ten Kate Racing

Kompas.com - 24/07/2021, 15:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - World Supersport (WorldSSP) pekan ini memasuki seri kelima dan akan digelar di Sirkuit Assen, Belanda (23-25/7/2021). Seri kali ini jadi spesial untuk tim Ten Kate Racing.

Tim yang dibela oleh Galang Hendra Pratama ini memiliki markas di Nieuwleusen, sebelah utara Belanda. Letaknya tak jauh dari Sirkuit Assen.

Baca juga: Konsisten Raih Poin, Galang Hendra Kejar Target 10 Besar Klasemen

Dukungan kedekatan secara fisik dan psikologis ini menjadi motivasi kuat Galang Hendra untuk tampil maksimal dalam meraih poin. Termasuk berupaya meningkatkan peringkat pada klasemen sementara.

Aksi pebalap Ten Kate Racing Yamaha asal Indonesia, Galang Hendra Pratama, saat mengikuti seri ketiga WorldSSP 2021 yang dihelat di Sirkuit Misano, Italia, pada 13 Juni 2021.DOK. YAMAHA RACING INDONESIA Aksi pebalap Ten Kate Racing Yamaha asal Indonesia, Galang Hendra Pratama, saat mengikuti seri ketiga WorldSSP 2021 yang dihelat di Sirkuit Misano, Italia, pada 13 Juni 2021.

Saat ini, pebalap berusia 22 tahun binaan Yamaha Racing Indonesia tersebut ada di peringkat ke-17 dengan total 12 poin. Prestasi terbaik Galang Hendra sejauh ini finis di posisi ke-10 dalam race ke-2 Aragon, Spanyol.

Kesempatan Galang Hendra untuk bisa meningkatkan performa dan peringkatnya di klasemen sementara masih terbuka lebar. Sebab, masih tersisa delapan seri lagi.

Baca juga: Galang Hendra Target Raih Poin di WSSP600 Misano

Untuk balapan nanti, Galang Hendra sudah punya cukup pengalaman dengan Sirkuit Assen saat berkompetisi di WorldSSP300 2019 dengan tim Semakin Di Depan “Moto X Racing”. Saat itu, dia finis ke-19 di antara 34 starter yang bersaing. Sedangkan tahun 2020 lalu, WorldSSP Assen memang tidak terselenggara karena alasan pandemi Covid-19.

Galang HendraFoto: Yamaha Galang Hendra

”Saya sangat menantikan balapan seri ke-5 di Assen, Belanda, karena ini adalah home race-nya tim Ten Kate Racing. Saya memiliki memori baik tentang trek ini, karena saya berada di pole position di kelas World Supersport 300 pada tahun 2019 lalu," ujar Galang Hendra, dalam keterangan resminya.

Galang Hendra menambahkan, Assen adalahh trek yang cukup menantang dengan menggunakan motor Yamaha YZF-R6. Menurutnya, karakter sirkuit ini pada sektor pertama sedikit lebih stop-and-go dan sektor lainnya lebih banyak rolling.

Galang Hendra PratamaFoto: Yamaha Galang Hendra Pratama

"Saya berharap cuaca di Assen tetap stabil, tapi itu selalu tidak terduga. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil sepuluh besar,” kata Galang Hendra.

Adapun jadwal seri ke-5 WorldSSP - Assen, Belanda sebagai berikut:
Jumat, 23 Juli 2021 : FP1 (16:25-17:10 WIB) & FP2 (21:00-21:45 WIB)
Sabtu, 24 Juli 2021 : Superpole (15:25-15:45 WIB) & Race 1 (20:15 WIB)
Minggu, 25 Juli 2021 : Warm Up (14:25-14:40 WIB) & Race 2 (17:30 WIB)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com